Replika Pedati Gede Pekalangan Dibuat di LP2M ITB, Pakai Bahan Komposit

Replika Pedati Gede Pekalangan Dibuat di LP2M ITB, Pakai Bahan Komposit

Proses pembuatan Replika Pedati Gede Pekalangan di Workshop LP2M ITB Bandung.-DPRKP-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Replika Pedati Gede Pekalangan yang akan ditempatkan di Taman BAT, ternyata dibuat di LP2M Institut Teknologi Bandung (ITB).

Saat ini, proses pembuatan Replika Pedati Gede Pekalangan masih dilakukan di Workshop LP2M ITB dan bagian-bagian dasar dari objek tersebut sudah terlihat.

Kendati demikian, pembuatan Replika Pedati Gede Pekalangan ternyata juga menemukan beberapa tantangan. Misalnya dari sisi bahan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan menjelaskan, mulanya bahan replika akan menggunakan kayu jati yang dicampur bahan lain.


Replika Pedati Gede Pekalangan akan dibangun di Taman BAT Kota Cirebon. -dokumen-radarcirebon.com

BACA JUGA:Joko Kendil Naik Motor, Tertangkap Basah Saat Subuh, Katanya Naik Macan Putih?

BACA JUGA:Dewi Lanjar Ratu Pantai Utara, Kekuasaan dari Cirebon hingga Rembang

Penggunaan kayu jati dan beberapa bahan tersebut tujuannya agar replika memiliki ketahanan dan kuat terhadap cuaca, lantaran ditempatkan di ruangan terbuka.

Namun, pembuatnya ternyata kesulitan mendapatkan kayu jati yang benar-benar kuat. Sehingga diganti dengan material berbahan komposit yang juga memiliki kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca.

“Saat ini, masih proses pembuatan. Awalnya, akan menggunakan kayu dan dicampur dengan bahan lainnya,” kata Wandi, kepada radarcirebon.com.

Menurut Wandi, Replika Pedati Gede Pekalangan nantinya ditempatkan di alam terbuka. Jadi, potensi terjadi pengeroposan akibat hujan dan panas, sangat tinggi.

BACA JUGA:PBI Invada Dukung Mahasiswa Ikut Perlombaan di Luar Kampus

BACA JUGA:SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Tebar Kebaikan Keliling Kota Cirebon

Akhirnya, tidak jadi menggunakan kayu jati. Tapi ada komposit atau bahan campuran lainnya, sehingga Pedati Gede tidak akan mengalami pengeroposan di alam terbuka. Kalaupun kotor, cukup dibersihkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: