Tegang! Mesin Pesawat Lion Air JT330 Diduga Meledak Usai Lepas Landas, Ini yang Dilakukan Pilot

Tegang! Mesin Pesawat Lion Air JT330 Diduga Meledak Usai Lepas Landas, Ini yang Dilakukan Pilot

Pesawat yang diduga Lion Air JT330 setelah mendarat kembali di Bandara Soekarno Hatta langsung didatangi mobil pemadam kebakaran. -hasil tangkap layar @buddykuofficial-Twitter

Radarcirebon.com, TANGERANG – Pesawat Lion Air JT330 mengalami gangguan dalam penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada 26 Oktober 2022.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh pihak Lion Air, peristiwa tersebut terjadi setelah pesawat Lion Air mengalami gangguan mesin setelah lepas landas pukul 17.13 WIB.

Dalam sebuah video yang dirilis di twitter @buddykuofficial terlihat detik-detik menegangkan Lion Air JT330 mendarat darurat disambut dua mobil pemadam di Bandara Soetta.

BACA JUGA:Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Purwakarta, Uu Ruzhanul: Bangun Desa, Tata Kota

Meskipun tersiar informasi yang mengatakan bahwa mesin pesawat Lion Air JT330 terbakar dan melakukan pendaratan darurat, namun dalam video tersebut tidak terlihat adanya asap dari bagian sayap pesawat.

Menurut informasi tersebut mengungkapkan bahwa mesin pesawat Lion Air JT330 meledak beberapa saat setelah lepas landas dari Bandara Soetta yang mengeluarkan kobaran api.

Meskipun demikian terlihat dua mobil pemadam langsung menghampiri pesawat sesuai dengan regulasi keselamatan yang ada.

BACA JUGA:Baznas Kota Cirebon Sukseskan ICON UCE 2022, Buka Layanan Cek Kesehatan Gratis

Sedangkan pihak Lion Air menjelaskan bahwa kondisi Lion Air berjalan normal saat lepas landas berdasarkan prosedur yang ada.

Akan tetapi pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya.

Karena adanya indicator yang mengharuskan untuk dilakukannya pemeriksaan mesin, pilot Lion Air JT330 dengan tipe pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK ini langsung memutuskan kembali ke Bandara Soetta.

Pesawat mendarat secara normal dan aman dan setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. 

BACA JUGA:Apresiasi Terhadap Investor yang Tepat Waktu Laporkan LKPM, Pemerintah Kabupaten Cirebon Beri Penghargaan

Proses penunpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal.

Teknisi dan pilot langsung melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu. 

Atas peristiwa ini Lion Air langsung menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain. 

BACA JUGA:Amou Haji, Pria Terkotor di Dunia Meninggal Setelah 60 Tahun Tak Pernah Mandi

Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

Penerbangan JT330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP.

Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase