Pentingnya Masyarakat Bijak Bermedsos

Pentingnya Masyarakat Bijak Bermedsos

PELATIHAN JURNALISTIK. KIM Walangsungsang bekerjasama dengan LPM Karya Mulya menggelar pelatihan jurnalistik, di RW 17 Mulya Sejahtera, Kamis (17/11)-Abdullah -radarcirebon

Radarcirebon.com, CIREBON- Media sosial saat ini menjadikan masyarakat bebas mengakses informasi, tapi kadangkala medsos menginformasikan berita yang bersifat hoax (berita bohong).

Untuk itu, masyarakat harus bijak bermedsos, hal tersebut diungkapkan wakil walikota Dra Hj Eti Herawati saat membuka Pelatihan Jurnalistik Bagi Pemula yang digelar Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Walangsungsang Kelurahan Karya Mulya Kecamatan Kesambi, Kamis (17/11).

Menurut Wawali, dengan adanya pelatihan jurnalistik ini diharapkan masyarakat menjadi tahu pentingnya keberimbangan dalam menyampaikan informasi publik, karena dalam jurnalistik itu sumber  berita harus imbang dan tidak boleh berat sebelah.

"Pelatihan jurnalistik bisa membangun kreatifitas masyarakat dalam tulis menulis menuju kelurahan  karya Mulya berkarakter," ujar Wawali.

BACA JUGA:Upah Minum 2023 Jawa Barat, Buruh di Majalengka Minta Naik 108 Persen

Ketua LPM Kelurahan Karya Mulya, Muhammad Yani SH menjelaskan pelatihan jurnalistik ini, tujuannya  dalam rangka mengedukasi masyarakat di kelurahan Karya Mulya, bagaimana membuat berita tentang tata cara menulis berita yang sesuai kaidah jurnalistik. 

Lebih jauh Yani menjelaskan, Perkembangan media sosial berseliweran berbagai berita yang terkadang diragukan kebenarannya, sedangkan di jurnalistik itu memiliki kode etik.

Untuk itu dengan pelatihan jurnalistik ini, peserta bisa memiliki pemahaman tata cara menyusun berita sesuai kode etik jurnalistik. "Pentingnya memiliki pemahaman khusus jurnalistik sehingga ketika bermedsos bisa mencerna apakah berita tersebut valid atau hoax," pungkasnya. 

BACA JUGA:Anak Bunuh Ayah di Majalengka saat Korban Menggarap Sawah, Duh Tega Banget

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: