Ya Allah! PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Alias GOTO PHK 1.300 Karyawannya

Ya Allah! PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Alias GOTO PHK 1.300 Karyawannya

GOTO melakukan PHK terhadap 1.300 karyawannya-Istimewa-

Radarcirebon.com, JAKARTA – Meski resesi global diprediksi akan dimulai pada tahun depan, namun saat ini mulai terasa. Hal ini dibuktikan dengan 1.300 karyawan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk alias GOTO di PHK.

GOTO melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK terhadap 1.300 karyawan atau sekitar 12 persen dari total karyawan saat ini.

PHK karyawan GOTO ini dilakukan agar perseroan dapat menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan secara jangka panjang.

BACA JUGA:Menteri BUMN Apresiasi Kinerja Holding Ultra Mikro Dongkrak Inklusi Keuangan

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, terdapat beberapa pertimbangan sehingga keputusan sulit tersebut tidak dapat dihindari seperti tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan bagi para pelaku usaha di seluruh dunia.

"GoTo seperti layaknya perusahaan besar lainnya, perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan perusahaan menghadapi tantangan ke depan," kata Andre, Jumat 18 November 2022.

Andre mengatakan, perusahaan harus mengakselerasi upaya untuk menjadi bisnis yang mandiri secara finansial dan tumbuh secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 5 Orang Tersangka Terkait Kasus Penipuan Pengusaha Cirebon Rionald Soerjanto di PT ARI

Hal itu dilakukan antara lain dengan memfokuskan diri pada layanan inti, yaitu "on-demand", "e-commerce" dan teknologi finansial.

Ia juga menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan perusahaan untuk optimalisasi antara lain evaluasi beban biaya secara menyeluruh, termasuk penyelarasan kegiatan operasional, integrasi proses kerja dan melakukan negosiasi ulang berbagai kontrak kerja sama.

Ia bahkan menyebutkan, pada akhir kuartal kedua 2022, perusahaan berhasil melakukan penghematan biaya struktural sebesar Rp800 miliar dari berbagai aspek penghematan, seperti teknologi, pemasaran dan "outsourcing".

BACA JUGA:Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Berbagai Distributor Resmi

"Tim manajemen juga sepakat mengembalikan sebagian gaji untuk mendukung langkah penghematan perusahaan," katanya.

Ia menambahkan, karyawan terdampak PHK akan menerima pemberitahuan pada Jumat 18 November ini.

"Kami berkomitmen untuk memberi dukungan yang komprehensif selama masa transisi karena mereka telah bekerja keras dan memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan," kata Andre.

BACA JUGA:Hasil Final Basket Porprov Jabar 2022: Kota Cirebon Catat Sejarah Baru

Ia memastikan, mereka akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan negara tempat GoTo beroperasi.

Perseroan juga memberikan sejumlah dukungan finansial, antara lain berupa tambahan satu bulan gaji serta kompensasi pengganti periode pemberitahuan (notice in-lieu).

Selebihnya, perseroan juga memberi dukungan pencarian kerja serta layanan konseling sampai Mei 2023.

BACA JUGA:Rekomendasi Initiator yang Seru untuk dipakai Ranked Valorant

Ia juga menambahkan, mereka berhak memiliki laptop yang saat ini mereka gunakan, mengakses berbagai program pelatihan serta dapat bergabung ke direktori alumni perseroan.

"Keputusan ini tidak mempengaruhi layanan kami kepada konsumen serta komitmen perusahaan terhadap mitra pengemudi dan pedagang," pungkasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase