Percepat Respons, Dinsos Jabar Bentuk Narahubung di Tiap Desa

Percepat Respons, Dinsos Jabar Bentuk Narahubung di Tiap Desa

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendampingi Presiden Jokowi saat berkunjung ke lokasi gempa di Cianjur.-Biro Adpim Jabar-

Berdasarkan hasil peninjauan Tim Penanggulangan Bencana, ada beberapa titik pengungsian di Desa Sindanglaka Kecamatan Karangtengah yang sebagian besar pengungsinya berasal dari Kecamatan Cugenang, dan warga setempat yang rumahnya rusak berat dan tidak bisa ditempati lagi. 

BACA JUGA:Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah: Akses Jalan Lumajang-Malang Dialihkan

Adapun jumlah pengungsi di Desa Sindanglaka yaitu 418 jiwa, atau 8,6 persen dari total pengungsi di Kecamatan Karangtengah. Sedangkan jumlah rumah rusak di Desa Sindanglaka yaitu 90 rumah, atau 3,15 persen dari total rumah rusak di Kecamatan Karangtengah. 

Selain itu, Dapur Umum (DU) Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah menerima kunjungan dari Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. 

Wali Kota Bogor menyampaikan bahwa Kota Bogor akan konsisten dalam membantu penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, melalui relawan-relawan dari Kota Bogor.

BACA JUGA:Brazil Menang 4-1 atas Korea Selatan, Hadapi Kroasia di Perempat Final Piala Dunia 2022

Sementara itu, Koordinator Lapangan DU Sukamanah, Adang, menuturkan bahwa terdapat 19 personel Tagana di DU Desa Sukamanah Kec. Karangtengah.

"Sejauh ini tidak ada permasalahan terkait logistik di Kecamatan Karangtengah, semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik."

"Walaupun masih sering terjadi gempa susulan, tetapi kondisi di lapangan sudah cukup kondusif," kata Adang.

BACA JUGA:130 Peluru Artileri dari Korea Utara Terdeteksi Ditembakkan Menuju Laut Jepang

"Hanya ada kebutuhan tongkat (1 buah) untuk korban terdampak gempa bumi yang kakinya tertimpa reruntuhan di Desa Sindanglaka, yang akan dipenuhi oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat pada Senin, 5 Desember 2022," imbuhnya.

Berdasarkan data pada Minggu 4 Desember 2022 pukul 17.00 WIB, ada 446 personel Tagana yang dikerahkan untuk penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase