Waspadai Cyber Crime! Berikut 5 Cara Menghindari Serangan Phising

Waspadai Cyber Crime! Berikut 5 Cara Menghindari Serangan Phising

Waspadai Cyber Crime! Berikut 5 Cara Menghindari Serangan Phising-capture-thidiweb.com

3. Hapus email mencurigakan

Kalian pernah menemukan email yang tampak asing dan tak dikenal? Atau pernahkah kalian mendapakan emai doorprize dari event yang tidak kalian ketahui? Segala hal yang memancing kalian untuk meng-klik link, sebaiknya kalian hindari sebelum termakan jebakan.

Selain itu, kebanyakan email yang mencurigakan memberikan direct link. Biasanya email atau telepon yang melakukan penawaran langsung ke akun pribadi adalah kedok untuk melakukan phising. Jangan sampai kalian terbuai dalam iming-iming pelaku.

4. Selalu double checking

Sebelum masuk dalam jebakan pelaku, pastikan dulu orang yang menghubungi kalian adalah bersumber dari instansi atau tempat yang sebenarnya. Tapi jika kalian menemukan sesuatu yang janggal, segera untuk menghindari email atau telepon yang bersangkutan.

5. Gunakan aplikasi pelindung

Untuk menjamin keamanan gadget, kalian bisa mengunduh aplikasi pelindung phising dan malware. Kalian bisa mencoba beberapa rekomendasi aplikasi yang kalian bisa unduh untuk melindungi perangkat kalian, seperti YouMail, Robokiller, dan Nomorobo.

Itulah tadi serba-serbi mengenai phising. Mulai dari definisi, jenis-jenisnya dan cara menghindarinya. Sebagai masyarakat yang bijak, kita perlu lebih sadar dengan cyber crime yang sedang mengintai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: