Waspadai Cyber Crime! Berikut 5 Cara Menghindari Serangan Phising

Waspadai Cyber Crime! Berikut 5 Cara Menghindari Serangan Phising

Waspadai Cyber Crime! Berikut 5 Cara Menghindari Serangan Phising-capture-thidiweb.com

Hampir sama dengan jenisnya yang pertama, tapi bedanya phising jenis ini menargetkan korbannya. Berbeda dengan email phising yang memilih korbannya secara acak. Biasanya, teknik ini dilakukan setelah beberapa informasi dasar calon korban dimiliki, seperti nama dan alamat.

3. Whaling

Whaling adalah langkah phising yang tidak hanya menarget individu secara spesifik, tapi juga individu yang memiliki kewenangan tinggi di suatu organisasi, misalnya pemilik bisnis, direktur perusahaan, manajer personalia, dan lainnya.

Dengan demikian, jika tindakan whaling ini berhasil, akan banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari akses yang didapatkan.

4. Web phising

Menggunakan web tiruan untuk mengelabui korbannya. Web phising akan terlihat sama persis seperti web aslinya bahkan dapat menirukan domain web. Hal ini disebut domain spoofing. 

BACA JUGA:Cara Menambah RAM Laptop, Wajib Disimak Supaya Peforma Makin Gahar

Cara menghindari jebakan cyber crime phising

Dilansir dari direktorat Jendral Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI, mari disimak cara menghindari phising yang harus kalian ketahui.

1. Cek keamanan gadget

Menjaga keamanan gadget tentu menjadi faktor yang krusial dalam menghindari diri dari serangan cyber crime phising. Biasanya kejahatan siber ini menyerang aplikasi di gadget, tidak terkecuali mobile banking. 

Jadi, jangan pernah menyimpan informasi penting seperti pin, data pribadi, password atau lainnya. 

2. Hapus jejak di komputer

Jika kalian sering login dalam warnet atau komputer orang lain, sebaiknya kalian lebih waspada dan jangan sampai lupa untuk logout dari akun kalian. Ancaman phising bisa saja datang dari akun pribadi kalian yang lupa kalian logout di warnet.

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan Wifi Laptop dengan Benar, Ternyata Begini, Kalian Bisa Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: