Sasaran Promosi, Simak Cara yang Efektif Agar Bisnis Maju
Bisnis Dijamin Maju! 5 Cara Menentukan Sasaran Promosi yang Efektif-capture-harmony.co.id
1. Segmentasi demografi
Sasaran promosi demografis pengelompokan pelanggan sesuai kunci tertentu. Seperti usia, jenis kelamin, kelas sosial ekonomi, gaji, pekerjaan, dan lainnya.
Pemasaran akan mencatat data demografis ini untuk menentukan sasaran promosi yang paling mungkin membeli produk atau jasa mereka. Model segmentasi demografis sebagai sasaran promosi dapat akurat menggambarkan data pembeli potensial.
2. Segmentasi geografis
Selanjutnya, target promosi yang ideal adalah segmentasi geografis. Berikan wawasan tentang di mana lokasi pelanggan berada. Atau perilaku konsumen dan preferensi yang ditargetkan berdasarkan lokasi tertentu.
BACA JUGA:Cara Menambah RAM Laptop, Wajib Disimak Supaya Peforma Makin Gahar
Sebagai contoh, sasaran promosi geografis untuk produk es krim atau minuman dingin adalah tempat yang beriklim panas atau tropis. Atau produk pelembab kulit dan kosmetik pelindung kulit adalah tempat dengan beriklim matahari terik. Sedangkan produk baju tebal dan jaket berbulu diperuntukkan wilayah beriklim dingin.
3. Segmentasi psikologis
Dalam mencari calon pembeli dan menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk kalian adalah dengan teknik promosi yang kuat. Untuk melakukan ini, faktor psikologis sangat berpengaruh dalam prosesnya.
Teknik promosi salah satunya menentukan target promosi dari segi psikografis. Yaitu, membagi konsumen ke segmen berbeda sesuai ciri kepribadian, nilai, sikap, dan minat spesifik. Memahami bagaimana karakteristik tersebut dapat mempengaruhi gaya hidup, pilihan pembelian pelanggan, serta keseimbangan pasar.
Sebagian besar orang memang lebih cenderung memilih barang sesuai dengan kemampuan ekonominya. Karena itulah jika tingkat ekonomi berpengaruh pada psikologi seseorang.
Apalagi tingkat perekonomian setiap orang tidak sama. Adanya hal ini harus diperhatikan oleh perusahaan agar promosi yang dilakukan tetap tepat sasaran. Pada segmentasi ini juga bisa mencakup masyarakat dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan variabel lainnya.
BACA JUGA:Cara Scan Barcode dan QR Code di Perangkat Android dan Iphone. Yuk, Simak Sampai Akhir!
4. Waktu promosi yang tepat
Selain ketiga hal tadi, penempatan waktu promosi yang tepat juga menjadi faktor penting dalam menentukan sasaran promosi. Sebaiknya kalian memperhatikan ketepatan waktu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: