CNG Pengganti Pertalite Akan Diterapkan Pemerintah, Solusi untuk Harga BBM Naik?

CNG Pengganti Pertalite Akan Diterapkan Pemerintah, Solusi untuk Harga BBM Naik?

CNG sebagai pengganti Pertalite. Solusi harga BBM naik. Foto:-Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM – CNG akan jadi pengganti Pertalite. CNG ini jenis bahan bakar apa sehingga pemerintah melalui Pertamina berencana melakukan konfersi?

CNG atau compressed natural gas adalah bahan bakar yang bersumber dari gas alam. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia CNG itu adalah gas alam terkompresi.

CGN adalah terobosan yang cukup maju di bidang energi terbarukan. Oleh karena itu, pemerintah tampaknya mulai serius mempertimbangkan untuk menjadikan CNG sebagai pengganti pertalite.

Melansir laman bumn.go.id, gas alam yang kemudian dapat diproses menjadi CNG merupakan sumber energi yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Di sisi lain, Indonesia juga memiliki potensi gas bumi yang masih mencukupi. Sehingga pemerintah akan menjadikan gas bumi ini sebagai energi alternatif untuk bahan bakar. 

BACA JUGA:Mau Liburan Akhir Tahun? Simak Baik-baik Himbauan dari Jasamarga Toll Road

BACA JUGA:Kos kosan Per Jam di Kedawung Jadi Tempat Prostitusi Terselubung, Satpol PP Kabupaten Cirebon Turun Tangan

Disebutkan bahwa, menjadikan gas bumi sebagai energi alternatif ini akan digawangi oleh PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina

Dengan demikian, CNG akan dijadikan sebagai bahan bakar untuk sepeda motor, kapal nelayan tradisional, dan kendaraan roda empat. Targetnya adalah lima tahun ke depan. 

Dikatakan oleh Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto, program gas bumi untuk transportasi darat dan kapal nelayan tradisional, akan menggunakan CNG. 

“Kami proyeksikan, program ini akan mengoptimalkan pemanfaatan SPBG milik Pertamina yang dibangun menggunakan dana mandiri dan APBN,” katanya saat Webinar Kedaulatan Energi di UII Yogyakarta, 13 Desember lalu.

“Ada 35 SPBG untuk direaktivasi secara bertahap. Saat ini sudah 3 unit di Semarang yang telah direvitalisasi,” imbuh Haryo Yunianto.

BACA JUGA:Doni Salmanan Dijatuhi Vonis Hakim Pengadilan Negeri Bale Bandung 4 Tahun Denda Rp 1 Miliar

Lantas, apa target dari konversi alias menjadikan CNG sebagai pengganti Pertalite? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: