Penelitian Sebut Minum Kopi Secara Rutin Dapat Tingkatkan Harapan Hidup Seseorang

Penelitian Sebut Minum Kopi Secara Rutin Dapat Tingkatkan Harapan Hidup Seseorang

Jangan terlalu sering minum kopi sehabis makan siang.-capture-Ist

RADARCIREBON.COM - Kopi adalah minuman favorit yang disukai banyak orang dan bisa diminum oleh kalangan remaja dan orang tua.

Kopi ini juga termasuk minuman yang fleksibel karenabisa disajikan secara panas atau dingin. Di samping rasanya yang nikmat, minum kopi dinilai memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Salah satu manfaat dari minum kopi yang diketahui semua orang adalah dapat meningkatkan kewaspadaan. 

Dan penelitian terbaru mengatakan bahwa minum kopi secara rutin memiliki manfaat yang lebih besar, yaitu dapat meningkatkan harapan hidup.

BACA JUGA:Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Perlu Diwaspadai, Berikut 6 Penyebabnya

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dari jurnal Toksikologi Makanan dan Kimia tahun ini, minum hanya tiga cangkir kopi sehari dapat mencegah orang kehilangan enam persen dari perkiraan tahun hidup "sehat".

Hasil ini ditetapkan melalui data meta-analisis dari penelitian yang ada, yang menghubungkan hubungan antara konsumsi kopi dan seluruh penyebab kematian.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa kebijakan yang mengarahkan konsumen untuk menghidupkan minum kopi dapat merugikan kesehatan populasi secara keseluruhan mengingat potensi manfaat kopi yang yang substansial pada semua penyebab kematian orang dewasa.

BACA JUGA:Kenali Faktor dan Gejala Diabetes, Agar Bisa Kamu Hindari dan Atasi

Studi lain yang dipublikasikan dalam European Journal of Epidemiology, dan dilakukan dengan menganalisis studi terdahulu tentang manfaat minum kopi.

Dengan menganalisis 40 studi yang meliputi 3.852.651 subyek dan 450.256 penyebab kematian, peneliti menemukan minum kopi dapat menurunkan risiko kematian dini karena sebab apapun.

Bahkan, manfaat tersebut bisa kita dapatkan terlepas dari usia, status kelebihan berat badan, minum alkohol, status merokok, dan kandungan kafein dalam kopi yang dikonsumsi.

Menurut peneliti, konsumsi kopi moderat- seperti dua hingga empat cangkir sehari- dapat menurunkan semua kematian spesifik dan penyebabnya dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

BACA JUGA:5 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya, Yuk Glowing Bareng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: