Makin Mahal, Daftar Harga Rokok Eceran Terbaru Per 1 Januari 2023, Gara-gara Cukai Naik

Makin Mahal, Daftar Harga Rokok Eceran Terbaru Per 1 Januari 2023, Gara-gara Cukai Naik

Hasil survei IPM dan IIDP menunjukkan anak usia kecil tidak boleh merokok. Foto:-pexels.com -

RADARCIREBON.COM – Berikut ini adalah daftar harga rokok eceran terbaru per 1 Januari 2023 setelah cukai naik. 

Ya, secara resmi pemerintah telah menaikan cukai rokok sejak hari Minggu, 1 Januari 2023.

Dengan kenaikan cukai tersebut, maka harga eceran roko pun ikut naik per 1 Januari 2023, sebab memengaruhi tarif Cukai Hasil Tembakau alias CHT

Dengan demikian harga eceran rokok pun makin mahal. Daftar harga eceran rokok terbaru per 1 Januari 2023 akan disertakan dalam artikel ini.

Kenaikan cukai rokok tersebut diatur oleh pemerintah melalui ketetapan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191 Tahun 2022.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Punya Pacar Baru, Akan Segera Menikah?

BACA JUGA:Kakek Luna Maya dari Cirebon, Kapten TNI Soedjono dari Palimanan

Peraturan Menteri Keuangan tersebut tentang Perubahan Kedua Atas PMK Nomor 192 Tahun 2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot dan Tembakau Iris.

Adapun alasan pemerintah melakukan penyesuaian tarif CHT ini disebut untuk mengatur pengendalian peredaran rokok ilegal serta keberlangsungan industry rokok dan aspek-aspek ekonomi lainnya.

“Pengambilan kebijakan penyesuaian tarif CHT telah mempertimbangkan sisi makro ekonomi terutama di tengah situasi ekonomi domestik yang terus menguat dalam masa pemulihan ekonomi nasional,” demikian dikatakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Dilansir dari Jabarekspres.com, pemerintah saat ini sudah menaikan tarif cukai jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) sebesar 5 persen.

Tidak hanya itu, untuk dua tahun ke depan, kenaikan berada di sekitar 15 persen dan 6 persen untuk hasil tembakau Rokok Elektrik (REL) dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL).

BACA JUGA:Ini Dia Sosok Ayah Luna Maya, Uut Bambang Sugeng yang Keturunan Cirebon Bojonegoro

BACA JUGA:Warga Padati Mall di Kota Cirebon saat Libur Natal dan Tahun Baru, Besok Puncaknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: