Kisah Nyi Mas Gandasari, Kesaktian Tiada Tanding dan Wangi Tubuh Abadi

Kisah Nyi Mas Gandasari, Kesaktian Tiada Tanding dan Wangi Tubuh Abadi

Kisah Nyi Mas Gandasari digambarkan sebagai wanita cantik, wangi tubuh abadi dan memiliki kesaktian yang cukup tinggi-ilustrasi-

RADAR CIREBON.COM - Sosok Nyi Mas Gandasari digambarkan sebagai wanita yang sakti mandraguna, dan memiliki paras cantik juga wangi tubuh yang abadi.

Kesaktian, dan wangi tubuh abadi yang dimiliki Nyi Mas Gandasari, tidak lepas dari campur tangan Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati yang mengangkat Nyi Mas Gandasari sebagai murid kesayangannya, menjadikan sosok perempuan yang cantik, wangi dan sakti.

Selain itu, kisah Nyi Mas Gandasari diceritakan sebagai panglima perang wanita pertama dari Kesultanan Cirebon di bawah kepemimpinan Sunan Gunung Jati.

Nyi Mas Gandasari pernah terlibat pertempuran dengan Prabu Cakraningrat yang merupakan orang sakti keturunan Prabu Siliwangi.

BACA JUGA:Sejarah Nyi Rambut Kasih Majalengka, Istri Pertama Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sindangkasih

Kisah Nyi Mas Gandasari terdapat pada Babad Cerbon-Hidi, Babad Tanah Sunda dan Carub Kanda.

Sedangkan Carita Purwaka Caruban Nagari hanya mengisahkan Nyi Mas Gandasari sayembara dengan Syekh Magelung Sakti.

Dalam ketiga Babad di atas disebutkan bahwa Nyi Mas Gandasari adalah wanita sakti mandraguna, parasnya begitu cantik dan tubuhnya memiliki wangi yang abadi.

Hal tersebut ditulis Dadan Wildan dalam Buku Sunan Gunung Jati, keharuman tubuh Nyi Mas Gandasari setelah dimandikan dengan air yang disimpan dalam kendi pertula oleh Sunan Gunung Jati.

Diceritakan semenjak Nyi Mas Gandasari beranjak dewasa dalam asuhan Pangeran Walang Sungsang, begitu banyak gegeden Cerbon yang terpikat untuk dijadikan istri.

BACA JUGA:Sejarah Imlek Pernah Dilarang di Indonesia, Kini Dirayakan dengan Meriah

Pangeran Walang Sungsang atau Pangeran Cakrabuana ada yang menyebut juga Mbah Kuwu Carbon, kemudian mengadakan musyawarah dengan Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga. 

Hasil dari musyawarah itu, akan digelar sayembara untuk menguji kesaktian Nyi Mas Gandasari dengan para jawara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: