Ada 10 Pintu Tol Getaci, dari dan ke Cirebon Sebaiknya Lewat Mana?

Ada 10 Pintu Tol Getaci, dari dan ke Cirebon Sebaiknya Lewat Mana?

Pembangunan jalan tol Getaci--

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Jumlah ruas jalan tol semakin bertambah. Yang sedang dibandung dan tidak lama lagi akan selesi yakni jalan tol Gedebage (Bandung) menuju Garut dan Tasikmalaya hingga Cilacap (Getaci).

Proyek strategis nasional jalan tol Getaci benar-benar segera terwujud. Ada 10 simpang susun dan Gerbang Tol di sepanjang ruas tol ini.

Dikutip dari Jasa Marga di IG @official.jasamarga, simpang susun (interchange) dan Gerbang Tol dibuat sebagai akses masuk/keluar jalan tol dari dan ke wilayah tertentu.

Ruas jalan tol Getaci ini pengerjaannya akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap 1 segmen Gedebage-Garut-Tasikmalaya pengejaan fisiknya akan dimulai akhir 2022 atau awal 2023 dan diagendakan beroperasi tahun 2024.

Kemudian Tahap 2 yaitu segmen Tasikmalaya-Cilacap pengerjaan fisiknya akan dimulai tahun 2027 dan dijadwalkan beroperasi dan selesai 2029.

Dengan demikian pada tahun 2029 tol Getaci seluruhnya sudah selesai dibangun dan akan menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.

BACA JUGA: Ada Tol Getaci, Cuma 1 Jam Saja ke Pangandaran, Warga Cirebon Bisa Sering-sering Piknik ke Pantai

Ini 10 Gerbang Tol Getaci

Dengan mengambil titik awal dari Junction Gedebage yang berlokasi di Kecamatan Gedebage dan Kecamatan Bojongsoang, berikut 10 simpang susun (interchange) dan Gerbang Tol Getaci dilansir dari PT Jasamarga Gedebage Cilacap:

1. Gerbang Tol Majalaya dan Simpang Susun Majalaya berlokasi di Kecamatan (Kec) Solokan Jeruk. Gerbang tol ini langsung terkoneksi ke jalan Raya Majalaya – Cicalengka, Kec. Paseh. Yang memiliki tujuan ke daerah Majalaya, Paseh, Cikancung, Cicalengka, Solokan Jeruk, dan Ciparay bisa keluar lewat Gerbang Tol atau simpang susun Majalaya.

2. Gerbang Tol Nagreg dan simpang susun Nagreg berlokasi di Kec. Nagreg terkoneksi ke jalan Raya Cicalengka – Nagreg, Kec. Nagreg. Bagi yang bertujuan ke Nagreg, Cicalengka, Kadungora, Limbangan bisa melalui Gerbang Tol Nagreg.

3. Gerbang Tol Garut Utara dan simpang susun Garut Utara berlokasi di Kec. Banyuresmi terkoneksi ke Kec. Banyuresmi. Jika tujuannya ke daerah Banyuresmi, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul dan Garut Kota, bisa keluar melalui Gerbang Tol Garut Utara.

4. Gerbang Tol Garut Selatan dan simpang susun Garut Selatan berlokasi di Kec. Cilawu, terkoneksi ke Jalan Raya Garut – Tasikmalaya, Kec. Cilawu Jika memiliki tujuan ke daerah Cilawu, Garut Kota dan Bayongbong bisa keluar melalui Gerbang Tol Garut Selatan.

5. Gerbang tol Singaparna dan simpang susun Singaparna berlokasi di Kec. Singaparna terkoneksi ke Jalan Raya Cigalontang – Jalan Raya Barat, Kec. Singaparna. Yang memiliki tujuan ke daerah Singaparna, Salawu dan sekitarnya bisa keluar melalui Gerbang Tol Singaparna ini.

BACA JUGA: JALUR TOL GETACI: Cirebon ke Tasikmalaya Bisa Lewat Tol, 1 Jam Sampai dan Tak Perlu Lewat Cikijing

6. Gerbang Tol Tasikmalaya dan simpang susun Kota Tasikmalaya berlokasi di Kec. Kawalu, terkoneksi ke Jalan Gubernur Sewaka, Kec. Mangkubumi. Bagi Anda yang memiliki tujuan ke daerah Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kawalu dan sekitarnya bisa keluar lewat Gerbang Tol Tasikmalaya atau simpang susun Kota Tasikmalaya.

7. Gerbang Tol Ciamis dan simpang susun Ciamis berlokasi di Kec. Ciamis terkoneksi ke Jalan Lingkar Selatan Ciamis, Kec. Ciamis. Gerbang Tol Ciamis ini mengakomodir pengguna jalan yang memiliki tujuan ke daerah Ciamis kota, Manonjaya dan sekitarnya.

8. Gerbang Tol Banjar dan Simpang Susun Banjar berlokasi di Kec. Pamarican terkoneksi ke Jalan Raya Banjar – Pangandaran, Kec. Pamarican Bagi Anda yang memiliki tujuan ke daerah Pamarican, Kota Banjar dan sekitarnya bisa keluar lewat Gerbang Tol Banjar atau simpang susun Banjar ini.

9. Gerbang Tol Kalipucang dan simpang susun Patimuan berlokasi di Kec. Patimuan terkoneksi ke Jalan Pancimas, Kec. Patimuan Yang memiliki tujuan ke daerah Pangandaran, Patimuan, Kalipucang dan sekitarnya bisa keluar lewat Gerbang Tol Kalipucang atau simpang susun Patimuan ini.

BACA JUGA:Awal 2023, BPJS Kesehatan Tambah Layanan Pembiayaan Pengobatan Kronis

10. Gerbang Tol Cilacap dan simpang susun Cilacap berlokasi di Kec. Jeruk Legi terkoneksi ke Jalan Raya Tegal – Cilacap, Kec. Jeruk Legi. Tentu saja, Gerbang Tol Cilacap ini untuk mengakomodir para pengguna tol yang memiliki tujuan ke Cilacap dan sekitarnya. Kelak jalur ini akan tersambung ke Jalan Tol Cilacap–YIA Kulon Progo.

Demikian informasi Gerbang Tol dan simpang susun atau interchange ruas tol Getaci yang dilansir dari PT Jasamarga Gedebage Cilacap.

Lalu jika dari dan ke Cirebon, jika kendaraan dari dan ke Cirebon kira-kira lewat pintu mana agar menghemat waktu perjalanan?

Banyak netizen yang menjawab yang cepat lewat tol Cisumdawu untuk bisa akses ke tol Getaci. Mungkin ada pilihan lain? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: