Ada Tol Getaci, Cirebon - Pangandaran Terasa Dekat, Begini Rute Perjalanannya, Bisa PP Loh!

Ada Tol Getaci, Cirebon - Pangandaran Terasa Dekat, Begini Rute Perjalanannya, Bisa PP Loh!

Tol Getaci tetap dibangun dengan perubahan skema menjadi prakarsa pemerintah.-Kementerian PUPR-radarcirebon.com

BACA JUGA:CANGGIH BANGET! Drone Tilang Elektronik Korlantas Polri Bisa Tilang Kendaraan, Ada Parasutnya

Perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya via Tol Getaci ini, diproyeksikan antara 50 sampai dengan 60 menit saja.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian mengatakan, keberadaan tol di wilayah selatan Jawa Barat sudah sangat dibutuhkan.

Saat ini, konektivitas ke wilayah selatan terus menurun karena lalu lintas yang kian padat dan banyaknya hambatan di perjalanan.

"Sekarang ini dari Tasik ke Bandung yang jaraknya hanya 100 kilometer bisa mencapai 3 jam," kata Hedy, seperti dilansir radarcirebon.com dari laman Kementerian PUPR, Selasa, 17, Januari 2023.

BACA JUGA:OGAH RUJUK, Balasan Venna Melinda untuk Ferry Irawan, 'Dia Bukan Imam'

Karena itu, kebutuhan akses jalan bebas hambatan memang sudah sangat diperlukan di wilayah selatan. Sehingga dapat menjadi solusi untuk konektivitas lalu lintas.

"Di wilayah selatan itu banyak sekali pusat pertumbuhan, tetapi konektivitasnya kurang bagus," katanya.

Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

BACA JUGA:VIRAL! Live Streaming Kecelakaan Pesawat Yeti Airlines, Direkam Penumpang, Jadi Spekulasi Penyebab Jatuh

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

Pembangunan jalan Tol dengan nilai investasi Rp56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024.

Sementara untuk tahap kedua yakni Tasikmalaya – Cilacap konstruksinya dimulai pada 2027 dan selesai di 2029.

Tol ini akan memiliki 9 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan jalan tol Padalarang – Cileunyi (Padaleunyi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: