KPRI Tunas Kencana DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Gelar RAT, Husein Fauzan Kembali Jadi Ketua

KPRI Tunas Kencana DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Gelar RAT, Husein Fauzan Kembali Jadi Ketua

KPRI Tunas Kencana gelar RAT, Rabu 18 Januari 2023-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

Dikatakan Eni bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini tengah berada pada era revolusi industri 4.0, menjelang era 5.0, yang antara lain menekankan pada pola digital economy. 

BACA JUGA:Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024, Mabes Polri Keluarkan Panduan Aturan untuk Anggotanya

Oleh karena itu, untuk menyesuaikan dengan teknologi yang semakin canggih memasuki era revolusi industry hendaknya koperasi mempertimbangkan untuk menciptakan perubahan yang besar pada bisnis koperasi. 

“Digitalisasi koperasi antara lain dengan penggunaan aplikasi pencatatan keuangan dan bisnis yang efisien dan teruji perlu segera diterapkan," ungkapnya. 

Kepala dinas Koperasi dan UKM Dadang Suhendra mengatakan bahwa RAT mempunyai arti yang sangat strategis dalam pengembangan koperasi kearah yang lebih baik, karena dalam rapat anggota tahunan ini, akan dibahas laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas, serta rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan biaya koperasi. 

“Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus dan pengawas serta mengevaluasi seluruh program kegiatan, agar kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi," ungkapnya. 

BACA JUGA:Sekjen PBB Antonio Guterres Tuding Perusahaan Minyak Dunia Lakukan Kebohongan Besar, Maksudnya?

Sementara itu Pengurus Dekopinda Kabupaten Cirebon Tatang Suwardi dalam sambutannya mengatakan bahwa sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, koperasi dituntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. 

Oleh karena itu, kedepan Koperasi Tunas Kencana sudah harus memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya, yang akan terintegrasi melalui jaringan ke berbagai institusi baik pemerintah maupun institusi bisnis, sehingga perkembangan koperasi dapat menyesuaikan diri dan bertahan di era teknologi seperti sekarang ini. 

“Koperasi dituntut untuk berubah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Apabila tidak, maka koperasi akan ketinggalan dan tergerus perkembangan tersebut.” Ujar Tatang. 

BACA JUGA:Mendagri dan Menlu Ukraina Tewas dalam Insiden Helikopter Jatuh, Zelensky: Menakutkan

Ketua Pengawas KPRI Tunas Kencana Kustriyanto selaku Panitia Pemilihan Ketua Pengurus RAT kali ini mengatakan bahwa RAT kali ini agak berbeda dengan RAT pada biasanya, karena kepengurusan periode 2018-2023 telah habis masa baktinya, sehingga perlu dilakukan pemilihan ketua pengurus yang baru periode 2023-2028. 

Dalam penjaringan calon ketua pengurus, Husein Fauzan mendapatkan dukungan mayoritas dari anggota, oleh karena itu forum menetapkan Husein Fauzan sebagai Ketua KPRI Tunas Kencana masa bakti 2023-2028. (jun)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase