KPRI Tunas Kencana DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Gelar RAT, Husein Fauzan Kembali Jadi Ketua

KPRI Tunas Kencana DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Gelar RAT, Husein Fauzan Kembali Jadi Ketua

KPRI Tunas Kencana gelar RAT, Rabu 18 Januari 2023-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

Yang langka, unik, dan mungkin tidak ditemukan pada RAT koperasi lain, tapi ada pada koperasi Tunas Kencana adalah setiap anggota, disamping mendapatkan sisa hasil usaha (SHU), pengurus juga memberikan uang duduk sebesar Rp 1.000.000,- plus transport Rp 300.000,- .

BACA JUGA:Ibu Norma Risma: Alhamdulillah Saya Tidak Hamil

Jadi, bagi anggota yang hadir RAT, akan mendapatkan total Rp 1.300.000,-.

“Saya yakin di Kabupaten Cirebon bahkan di Indonesia belum ada koperasi pegawai (KPRI) yang memberikan uang duduk dan transport sebesar itu bagi para anggotanya," beber Fauzan. 

Disamping itu, tambah Fauzan, pengurus juga menyediakan doorprize sebesar Rp 20 juta yang diberikan dalam bentuk barang dan uang. 

Doorprize tertinggi dalam bentuk uang sebesar Rp 3 juta dan terendah Rp 500.000,- sementara dalam bentuk paket barang adalah Rp 250.000 yang isinya sembako.  

BACA JUGA:Lucile Randon, Perempuan Tertua di Eropa Meninggal Dunia, Begini Perjalanan Singkat Hidupnya

Tahun buku 2022 anggaran beasiswa terserap Rp 10.000.000,- diperuntukkan bagi putra putri anggota KPRI Tunas Kencana yang berprestasi (rangking 1 sampai 5) dikelasnya. 

Program lainnya, lanjut Fauzan, selain tabungan haji atau pinjaman untuk mendapatkan waiting list (daftar tunggu) bagi calon Haji, juga memberikan fasilitas pinjaman perjalanan Umroh. 

Masih banyak lagi program lainnya seperti pemberian santunan bagi anggota yang sakit dan meninggal dunia, pendidikan dan pelatihan perkoperasian bagi anggota dan pengurus, pemberian kadeudeuh bagi yang purna karya. 

Tahun buku 2022, kekayaan KPRI Tunas Kencana sekitar Rp 4,3 milyar. Dari jumlah itu modal sendiri yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan, pemupukan modal, modal ekuitas, SHU tahun berjalan berjumlah sekitar Rp 3,5 milyar. 

BACA JUGA:WADUH! Konsorsium Tol Getaci Lelang Ulang, Proyek Mundur atau Batal?

“Dari kekayaan yang dikelola melalui berbagai jenis usaha, SHU tahun ini tercapai 123 persen atau sekitar Rp 51 juta dari target sekitar Rp 41 juta," ungkap Fauzan mengakhiri paparannya. 

Dalam arahannya Kepala DPPKBP3A Hj. Eni Suhaeni antara lain mengatakan bahwa RAT bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. 

Selain itu, RAT juga sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, yang menyatakan bahwa kekuatan utama organisasi koperasi adalah pada anggota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase