Pria Bisa Kena Kanker Payudara, Apa Penyebabnya? Simak Penjelasannya

Pria Bisa Kena Kanker Payudara, Apa Penyebabnya? Simak Penjelasannya

Ilustrasi--

RADARCIREBON.COM -  Kanker payudara biasanya lebih sering terjadi pada wanita, tapi penyakit tersebut sebenarnya juga bisa menyerang para pria. Itulah yang dialami oleh salah satu pembawa acara terkenal di Indonesia, Robby Purba.

Seperti yang diketahui Robby Purba menjalani operasi pengankatan tumor payudara yang diderita 2 tahun.

Walaupun pria tidak memiliki payudara yang sama seperti wanita, tapi pria tetap memiliki jaringan payudara. Jaringan inilah yang berisiko terserang kanker. Oleh karena itu, penting bagi para pria untuk mewaspadai kanker payudara dengan mengenali gejalanya. Tujuannya agar penanganan bisa segera dilakukan sebelum penyakit berkembang

Lantas, sebenarnya apa penyebab kanker payudara pada pria?

BACA JUGA:Pohon Sakral Lengkapi Mitos Batu Jubleg di Situs Buyut Salam Kuningan

BACA JUGA:Toko Mebel Dilalap Si Jago Merah, Segini Kerugiannya

Menlansir dari halodoc.com, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli memperkirakan bahwa sekitar 5-10 persen dari kasus kanker payudara dikaitkan dengan mutasi gen, baik yang diturunkan secara genetik maupun didapatkan kemudian hari.

Selain itu, ada beberapa faktor yang juga bisa meningkatkan risiko seorang pria untuk terkena kanker payudara, antara lain:

- Usia.
Risiko kanker payudara bisa meningkat seiring berjalannya usia. Penyakit tersebut biasanya ditemukan setelah usia 50 tahun.

- Riwayat kanker payudara dalam keluarga.
Pria yang memiliki anggota keluarga dekat yang pernah mengidap kanker payudara lebih berisiko untuk terkena penyakit tersebut.

BACA JUGA:Wow! Nikah di KUA Jadi Tren

BACA JUGA:Tidak Hanya Ciremai, Berikut Ini Gunung di Kuningan Yang Wajib Diketahui

- Pernah menjalani terapi hormon.
Obat-obatan yang mengandung estrogen (hormon yang membantu mengembangkan dan mempertahankan karakteristik seks wanita) yang digunakan untuk mengobati kanker prostat di masa lalu, bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada pria.

- Mengalami kelainan bawaan.
Seperti sindrom Klinefelter atau kondisi testis yang tidak turun ke dalam buah zakar.

- Mengidap penyakit hati.
Sirosis (jaringan parut) hati bisa menurunkan kadar androgen dan meningkatkan kadar estrogen pada pria, sehingga meningkatkan risiko kanker payudara.

BACA JUGA:Miris, Niat Berteduh saat Hujan Bocah 12 Tewas Tersengat Listrik

BACA JUGA:Robby Purba Akui Dua Tahun Melawan Sakit Akibat Tumor Payudara

- Kegemukan atau obesitas.
Pria yang berusia tua dan kelebihan berat badan atau memiliki obesitas berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara daripada pria dengan berat badan normal.

Jadi, bagi pria yang memiliki faktor risiko kanker payudara di atas, sebaiknya beri perhatian lebih pada kesehatan payudaramu. Bila kamu menemukan gejala kanker payudara, segera periksakan diri ke dokter.

BACA JUGA:Ashanti Alami Sesak Nafas Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Gunung Pojok Tilu Punya Cerita Mistis, Begini Kondisi Puncaknya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: