Inilah Profil Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Korban Heli Nahas di Kerinci

Inilah Profil Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Korban Heli Nahas di Kerinci

Profil Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono-Humas Polri-

JAMBI, RADARCIREBON.COM – Minggu 19 Februari 2023 lalu, merupakan hari yang buruk buat Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono.

Pada hari itu, helikopter yang ia tumpangi Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono bersama jajarannya, harus mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci akibat cuaca buruk.

BACA JUGA:Konsumsi Udang Bisa Awet Muda, Simak Penjelasannya

Kabar tersebut langsung menyebar, ditambah adanya video yang beredar di media sosial mengenai keberadaan Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono yang terlihat dalam kondisi tak bisa bergerak.  

Tim SAR Gabungan pun langsung turun untuk berupaya menyelamatkan para penumpang, termasuk Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono.

Beruntung, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono bersama bersama 7 penumpang lain kini sudah berhasil diselamatkan oleh tim gabungan.

BACA JUGA:Viral di Medsos Dept Collector Bentak Polisi, Kapolda Metro Jaya: Jangan Biarkan, Lawan, Tangkap!

Lulusan Akpol tahun 1991 atau seangkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu saat diselamatkan meminta agar didahulukan anak buahnya.

Irjen Rusdi Hartono minta dahulukan anak buahnya saat dievakuasi dan dirinya menjadi orang yang terakhir diselamatkan dalam insiden helikopter mendarat darurat tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya memastikan semua penumpang termasuk Kapolda Jambi dalam keadaan selamat.

BACA JUGA:Kemenag Kasih Peringatan Keras ke ASN: Tidak Boleh Ikut Politik Praktis

"Alhamdulillah sampai saat ini, kita dapatkan informasi semuanya selamat walaupun ada beberapa yang luka, mohon doanya bahwa evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat," ujarnya.

Profil Irjen Pol Rusdi Hartono

Irjen Pol Rusdi Hartono merupakan perwira tinggi lulusan Akpol 1991. Ia rekan seangkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang lulusan tahun 1991 ini.

Kapolda Jambi Rusdi Hartono mengikuti pendidikan di Polri setelah lulus SMA Neteri 39 Jakarta tahun 1988.

BACA JUGA:Inilah Sejumlah Pertimbangan Komisi Kode Etik Polri yang Buat Bharada E Tidak Dipecat

Pria kelahiran 27 April 1969 itu pernah mengemban tugas sebagai Karopenmas Divisi Humas Polri pada 2020.

Sebelumnya ia juga pernah mengemban sejumlah jabatan di bidang Lantas, antara lain sebagai Wadirlantas Polda Riau pada 2010, Dirlantas Polda Kepri pada 2011, Dirlantas Polda Jabar pada 2013, serta Analis Kebijakan Madya Bidang Regident Korlantas Polri pada 2014.

Lalu sebagai Kapolrestabes Makassar Polda Sulsel pada 2015. Pada 2016 dia dimutasi jadi Kabagkuhjardikbangspes Rokulum Lemdikpol Polri.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Luncurkan Program Stopper Jabar, Inilah Tujuannya

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Kabaganev Robinops Sops Polri. Pada 2020, Rusdi menjabat sebagai Karobinops Sops Polri.

Setelah itu, masih di tahun yang sama, dia ditunjuk sebagai Karopenmas Divhumas Polri.

Jabatan terakhirnya adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri pada 2021, sebelum kemudian ditunjuk sebagai Kapolda Sumbar pada 2022.

Selang empat hari menggantikan posisi Irjen Teddy Minahasa sebagai Kapolda Sumbar, Rusdi dimutasi jadi Kapolda Jambi pada Oktober 2022. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase