Bandingkan Richard Eliezer dengan Norman Kamaru, Reza Indragiri: Potret Anggota Kepolisian yang Lemah

Bandingkan Richard Eliezer dengan Norman Kamaru, Reza Indragiri: Potret Anggota Kepolisian yang Lemah

Terdakwa Richard Eliezer saat sidang di PN Jaksel. Foto:-Ricardo-JPNN.com

Pakar psikologi forensik itu kemudian menyarankan agar Eliezer melihat kondisi dirinya saat ini dari sudut pandang seorang narapidana sekaligus pendosa. 

Bukan mindset selebritas apalagi polisi pahlawan. Reza juga mengingatkan orang-orang yang ada di sekitar Bharada Eliezer. 

Menurut dia, orang-orang terdekat harus mengingatkan yang Eliezer akan status dan kondisinya tersebut sampai masa hukumannya berakhir.

Selain itu, Reza menyebut di sepanjang kariernya, Eliezer harus selalu berpikir tentang bagaimana membayar kerugian yang telah masyarakat tanggung akibat memiliki aparat polisi yang ironisnya sekaligus pernah berstatus sebagai narapidana. 

BACA JUGA:Belum Terungkap Motif Sekte Kiamat Uganda, Kumpul di Gereja, 530 Anggota Dibakar Hidup-hidup

Alhasil, pria yang pernah mengajar di STIK/PTIK ini berpendapat terhadap seorang JC yang telah salah membawa diri, status JC-nya memang sudah sepatutnya dicabut. 

"Dengan sikap salah kaprah yang dia peragakan, RE sama sekali tidak layak lagi memperoleh perlakuan istimewa. Jadi, LPSK sudah mengambil langkah tepat," ucapnya. 

Penyandang gelar MCrim dari University of Melbourne Australia itu itu mengatakan semestinya Eliezer fokus pada program rehabilitasi di lapas dan dia berharap program itu ada. 

"Jangan menyepelekan program rehabilitasi. Hitung-hitungan di atas kertas, jika lewat risk assessment RE nantinya dinilai gagal menjalani program rehabilitasi, maka dia berisiko menjadi residivis," ujar Reza Indragiri. (jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: