Ratusan Calon Tenaga Kerja Migran asal Cirebon Kena Tipu, Uang Milyaran Rupiah Raib

Ratusan Calon Tenaga Kerja Migran asal Cirebon Kena Tipu, Uang Milyaran Rupiah Raib

Calon tenaga kerja migran asal Cirebon melaporkan dugaan penipuan yang dilakukan sebuah perusahaan ke Polres Cirebon Kota di tahun 2022 lalu.-Tangkapan Layar Video-Ist

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sebuah perusahaan yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri, tipu ratusan calon pekerja migran asal Cirebon.

Tidak hanya warga asal Cirebon, beberapa calon tenaga kerja migran dari wilayah lain, juga mengalami nasib serupa.

Penipuan yang dilakukan oleh perusahaan yang berdomisili di Jakarta tersebut, menimpa salah satu warga asal Kabupaten Cirebon.

Mahmud Baraja, salah seorang calon tenaga kerja migran asal Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, menceritakan kejadian yang menimpanya.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Sosok Perempuan di Barisan Depan Jamaah Salat Ied Mahad Al Zaytun Adalah…

Disebutkan Mahmud, dirinya bersama rekan-rekan lain yang diperkirakan berjumlah ratusan orang, dijanjikan akan bekerja di luar negeri oleh perusahaan tersebut.

Namun setelah menunggu selama 2 tahun lebih, Mahmud dan rekan-rekannya tidak kunjung berangkat kerja.

"Saya dijanjikan kerja di Eropa, Polandia tepatnya," ucap Mahmud kepada radarcirebon.com lewat sambungan telepon, Selasa 25 April 2023.

Bahkan, orang yang mengaku dari perusahaan yang menjajikan Mahmud bekerja, kini keberadaannya tidak jelas ada di mana.

BACA JUGA:Kronologi Penjaga Sekolah di Cirebon Digigit Ular Berbisa hingga Tewas

Dijelaskan Mahmud, orang menjanjikan kerja tersebut benama Aliang Huang alias Edi, mengaku dari PT MMM yang berdomisili di Jakarta.

Edi disebutkan berasal dari Kalimantan yang memiliki istri orang Kabupaten Indramayu.

Mahmud menambahkan, Edi sempat tinggal di rumahnya yang beralamat di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Perum D'Green Residence Blok F RT 06/07 Kelurahan Kalikoa, Kecamatan Kedawung, Cirebon.

Mahmud ketika dijanjikan bekerja oleh Edi, harus mengeluarkan sejumlah uang senilai Rp58 juta dan beberapa dokumen penting miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: