Waduh! Nama Wali Kota Cirebon Dicatut untuk Tindak Penipuan Bermodus Donasi Bangun Masjid

Waduh! Nama Wali Kota Cirebon Dicatut untuk Tindak Penipuan Bermodus Donasi Bangun Masjid

Inilah percakapan akun Facebook Messenger yang mengatasnamakan Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH.-Aziz Muhtarom-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH, dicatut namanya. Diduga untuk menipu pihak-pihak yang dapat dikelabui.

Pencatutan nama Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH, digunakan untuk berpura-pura akan memberikan donasi ke pembangunan masjid.

BACA JUGA:Ada Rute Kertajati-Kuala Lumpur, Pemprov Jabar Akan Kembangkan BIJB

Pencatutan nama Wali Kota Cirebon tersebut, terjadi di media jejaring sosial facebook. Sebuah akun bernama Nashrudin Aziz, terpasang Poto profil Walikota menggunakan pakaian dinas upacara (PDU).

Akun tersebut, mengajukan permintaan pertemanan. Tak lama setelah permintaan pertemanan tersebut dikonfirmasi, akun penipuan itu mengirimkan pesan lewat Facebook Messenger.

BACA JUGA:Bupati Apresiasi Saran dari DPRD Kabupaten Cirebon untuk Jalannya Pemerintahan Lebih Baik

“Maaf ganggu barangkali ada pembangunan masjid atau pondok pesantren di daerah sekitar bapak, kebetulan saya dan keluarga mau sodaqoh di masjid atau pondok pesantren, barangkali bisa bantu saya untuk amanah kan program sodaqoh saya dan keluarga,” tulis akun fake tersebut dalam chat Messenger.

Kemudian, percakapan pesan chating diminta ya untuk dialihkan ke nomor WhatsApp +6282134035274 Dalam percakapan chat di WhatsApp, akun penipuan tersebut meminta untuk mengirimkan nomor rekening masjid (DKM), beserta foto-foto kegiatan pembangunan masjid.

BACA JUGA:Sejumlah Rekayasa Lalin Disiapkan oleh Polresta Cirebon Guna Memastikan Kelancaran Arus Kendaraan

Salah seorang staf khusus Wali Kota Cirebon, memastikan jika akun tersebut merupakan penipuan.

Modusnya berpura-pura hendak memberikan sumbangan atau donasi kepada pembangnan masjid maupun pesantren. Kemudian, mengirimkan bukti transfer palsu.

BACA JUGA:INGAT, Perpanjang SIM C Pakai Tes Psikologi, Berikut Ini Total Biaya Terbaru 2023

“Calon korbannya, nanti diminta untuk mentransfer balik sejumlah dana, ke nomor rekening yang dia sediakan. Sudah banyak yang nyaris jadi korbannya,” ujar dia, Kamis 27 April 2023.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk jangan mempercayai upaya modus peniupan, yang mengatasnamakan Nashrudin Azis selaku Wali Kota Cirebon, maupun upaya modus penipuan yang mengatasnamakan pribadinya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase