Lambang Mirip Freemason di Makam Gunung Jati, Terkait Teori Konspirasi?

Lambang Mirip Freemason di Makam Gunung Jati, Terkait Teori Konspirasi?

Kompleks Makam Gunung Jati yang diduga terdapat lambang mirip Freemason.-Dok-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Benarkah ini lambang Freemason? Atau hanya mirip-mirip saja? Logo tersebut sudah lama ada di situs Makam Gunung Jati, Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Seperti diketahui, banyak pihak yang menghubung-hubungkan antara Freemason dengan teori konspirasi, iluminati dan organisasi rahasia. Organisasi tanpa bentuk ini memiliki sejarah panjang, kelam dan rumit.

Lalu apa sebenarnya Freemason itu? Freemason adalah persaudaraan yang fokus terhadap nilai moral dan spiritual. Mereka mempromosikan cinta, bantuan dan kebenaran. 

Tapi mengapa logo mirip Freemason ada di situs makam Gunung Jati Cirebon? Nah hal ini juga yang mengundang pertanyaan banyak pihak. Apakah logo itu benar-benar Freemason atau hanya mirip-mirip saja?

BACA JUGA:Raja, Pengagum Jendral Soedirman Yang Hafal 30 Juz

BACA JUGA:Bambang Sunarso Usung Misi Perubahan

Sebenarnya radarcirebon.com pernah menulis ini pada edisi Jumat 22 Juni 2018. Kantor berita online ini ingin memastikan apakah di Situs Makam Sunan Gunung Jati, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, terdapat logo Freemason.

Dalam hasil penelusuran disebutkan logo mirip Freemason tersebut ditemukan pada tugu pertama. Tepatnya di pintu sebelah kiri ketika memasuki situs religi kebanggaan masyarakat Cirebon tersebut. 

Logo itu, terukir dalam piring keramik berwarna kuning. Lambang itu berupa jangka dan penggaris terukir jelas. Dilengkapi dengan huruf G yang tampak di tengah keduanya. 

Piring tersebut, tampak menempel di dinding gapura. Kalau tidak serius dan teliti, banyak masyarakat tidak mengetahui keberadaan simbol tersebut. Atau hanya dianggap sebagai logo biasa saja.

BACA JUGA:Kolaborasi STMIK IKMI Cirebon dengan Mitra Perguruan Tinggi di Asia Tenggara dan PPTIK ITB

BACA JUGA:Carter Odong-Odong, Bacaleg PKS Kuningan Daftar ke KPU

Budayawan Cirebon, almarhum Raffan S Hasyim, ketika itu mengaku baru mengetahui jika di situs pemakaman Sunan Gunung Jati tersebut terdapat simbol yang mirip dengan lambang didirikan kelompok Illumunati pengusung “New Word Order” tersebut. 

“Terus terang, saya baru tahu jika di makam Gunung Jati terdapat simbol Illuminati atau Freemasonry,” terang Raffan ketika dikonfirmasi radarcirebon.com tahun 2018 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: