Polisi RW Diluncurkan, 234 Personel Polres Cirebon Kota Disebar ke Seluruh RW

Polisi RW Diluncurkan, 234 Personel Polres Cirebon Kota Disebar ke Seluruh RW

Polres Cirebon Kota meluncur program Polisi RW.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Program Polisi RW diluncurkan di wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Sebanyak 234 personel Polres Cirebon Kota disebar di 637 RW yang ada di Kabupaten dan Kota Cirebon wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

"Polisi RW ini adalah anggota Polri yang disiapkan dan ditugaskan sebagai pembina Kamtibmas di Rukun Warga tertentu. Dalam penugasannya di bawah kendali Kapolsek selaku pengendali (padal) dan di bawah binaan Kasat Binmas dengan dasar Sprin Kapolres,"ungkap Kasi Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja kepada radarcirebon.com, Sabtu (13/5/2023).

Menurut Iptu Ngatidja, program Polisi RW telah diluncurkan oleh Kapolres Cirebon Kota pada hari Jumat (12/5/2023).

"Hari Jumat (12/5/2023) telah dilaksanakan apel launcing Polisi RW di Mako Polres Cirebon Kota. Polisi RW ini merupakan model perpolisian yang menekankan kemitraan yang sejajar antara polri dengan masyarakat,"ujarnya.

BACA JUGA:Upaya Jabar Persempit Ruang Pungli dan Perluas Laporan Masyarakat

BACA JUGA:Puluhan Juta Rupiah dari Jalan Santai Merah Putih HUT ke-541 Kabupaten Cirebon

Dengan kehadiran Polisi RW tersebut, lanjut Iptu Ngatidja, diharapkan akan membawa ketentraman kehidupan masyarakat setempat. Sehingga mengurangi kejahatan dan rasa ketakutan akan kejahatan serta meningkatkan kwalitas hidup masyarakat.

"Dengan perbandingan jumlah  masyarakat dan jumlah personil Polri, maka 1 Polisi RW memegang 1 hingga 3 RW. Sementara jumlah Polisi RW sebanyak 234 orang terdiri dari  personel polres dan polsek jajaran dari jumlah 637 RW secara keseluruhan,"paparnya.

Dijelaskan Dia, tugas pokok Polisi RW adalah jembatan penghubung antara Polri dengan Ketua RW dalam menampung dan menerima saran untuk memberikan pelayanan cepat pada Masyarakat.

"Hal ini guna terciptanya kondisi yang aman dan kondusif dalam upaya penertiban dan penegakan hukum, upaya perlindungan dan pelayanan masyarakat,"pungkasnya. (rdh)

BACA JUGA:Ada yang Beda di Kantor KPU, Taufik Akbar Ajudan Walikota Daftar Bacaleg

BACA JUGA:Sejarawan Dukung Panji Gumilang soal Isteri Ketiga Nabi Ibrahim Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: