SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Gelar Field Trip Lintas Mata Pelajaran dengan Membatik

SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Gelar Field Trip Lintas Mata Pelajaran dengan Membatik

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Banyak cara mengenalkan budaya khas Indonesia.

Seperti yang digelar SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon, Selasa 23 Mei 2023. Mereka mengadakan field trip lintas mata pelajaran ke Batik Trusmi.

BACA JUGA:Penerbangan di Bandara Kertajati Makin Ramai, Usai AirAsia Kini Giliran Garuda Indonesia Buka Layanan Reguler

Field trip ini diikuti seluruh peserta didik kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon tahun pelajaran 2022/2023.

Kepala SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah kota Cirebon, Mustaghfiroh SSos menjelaskan, para peserta didik khususnya kelas VIII mengikuti kegiatan outing class yakni kegiatan field trip lintas mata pelajaran berupa membatik di batik Trusmi.

BACA JUGA:Rumor Terkait Hubungan Dekat Panji Gumilang dan Soeharto Sudah Beredar Lama

Peserta yang ikut  field trip, kata Mustaghfiroh sebanyak 91 peserta. Tujuannya mngenalkan budaya leluhur, apalagi batik adalah budaya asli Indonesia.

Dengan praktik membatik secara langsung, diharapkan peserta didik tahu dan paham cara membatik.

Karena membatik itu tidak sekedar menggoreskan tinta batik diatas kain, akan tetapi filosofis membatik itu adalah ketelitian, kejelian, kesabaran dan ketenangan.

BACA JUGA:Perkuat Skuad Indonesia di Piala Asia 2023, PSSI Bidik Pemain Diaspora Grade A

Begitu juga siswa saat belajar juga mesti tekun, teliti, sabar dan tenang. "Hasil karya batik memunculkan nilai seni yang luar biasa," ujar Mustaghfiroh.

Siti Hamidah, M.Pd selaku Waka Bidang Kurikulum menambahkan  mengapa field trip ada  lintas mata pelajaran, karena didalamnya mengandung nilai-nilai/muatan dari pelajaran,  mulai dari IPA, IPS, prakarya, SBK (seni budaya dan ketrampilan), bahasa Inggris, bahasa daerah.

BACA JUGA:Bangkitkan Generasi Digital Indonesia, Smartfren Prakarsai Gerakan Sejuta Akses Internet untuk Berjuta Peluang

"Tahun lalu Field trip ke pantai kejawanan, tahun sekarang ke Batik Trusmi, jadi field trip ini menumbuhkan edukasi bagi peserta didik SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah," pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase