LONG WEEKEND Seru di Cirebon, 4 Pilihan Wisata di Jl Siliwangi, Bisa Jalan Kaki

LONG WEEKEND Seru di Cirebon, 4 Pilihan Wisata di Jl Siliwangi, Bisa Jalan Kaki

Long weekend seru di Cirebon, salah satunya dengan menyusuri banyak destinasi sejarah di Jl Siliwangi Kota Cirebon seperti monumen kereta api.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

Apalagi, lokomotif ini juga punya nilai sejarah untuk perkeretaapian di Indonesia. Sebab, pertama kali digunakan pada tahun 1988 dan hanya ada 9 unit di Indonesia.

BACA JUGA:Selalu Ajak Bicara Hewan dan Tumbuhan, Ada Apa dengan Syekh Panji Gumilang?

PT KAI menyebut, monumen lokomotif pemeliharaan rel ini, memiliki filosofi bagi awak perkeretaapian. Yakni, selalu mengutamakan keselamatan.

Nah, seru kan? Selain jalan-jalan, tapi juga bisa mendapatkan pengetahuan sejarah mengenai perkeretaapian di Indonesia.

2. Lokomotif Uap B1304

Ini adalah monumen lain yang bisa ditemukan di Jalan Siliwangi, persis di akses masuk menuju Stasiun Kejaksan Kota Cirebon.

Lokomotif Uap B1304 tentu sangat bersejarah, karena di masa Pemerintahan Hindia - Belanda sangat diandalkan untuk sektor transportasi.

BACA JUGA:Pidato Panji Gumilang Soal Pancasila: Mengutip Pepatah Jawa, Menyinggung Korupsi, Menjawab Tuduhan NII?

Mesin buatan Jerman dari Pabrik Hanomag tersebut, diproduksi pada tahun 1886 dan didatangkan ke Indonesia oleh Staatsspoorwegen (SS).

Kemudian, beroperasi di wilayah Pulau Jawa dengan rute perjalanan Yogyakarta - Cilacap dengan rute sepanjang 176 kilometer.

Seiring berkembangnya transportasi kereta api, jumlah lokomotif jenis ini terus bertambah baik di Jakarta, Cirebon hingga di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Namun, seiring waktu pula dan perubahan jenis lokomotif yang dipakai, jenis ini hanya tersisa 1 di Indonesia. Ya, ini adalah satu-satunya lokomotif B1304 yang ada di Indonesia dan ditempatkan di Cirebon sebagai monumen.

BACA JUGA:Indonesia Raya 3 Stanza Kembali Berkumandang di Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mahad Al Zaytun

3. Alun-alun Kejaksan dan Tugu Kemerdekaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: