Kerajaan Sunda atau Pajajaran? Sejarawan Ungkap Fakta Ini, Wilayahnya Setengah Pulau Jawa

Kerajaan Sunda atau Pajajaran? Sejarawan Ungkap Fakta Ini, Wilayahnya Setengah Pulau Jawa

Wilayah Kerajaan Sunda yang pernah beribukota di Pakwan Pajajaran. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kerajaan Pajajaran dikenal begitu mahsyur di era Prabu Siliwangi. Bahkan, kejayaannya dikenang hingga saat ini, sebagai salah satu raja tersukses dalam sejarah.

Namun, karena penyebutan Pajajaran sebagai kerajaan, hendaknya ditelaah lebih lanjut. Mengingat, sesungguhnya tidak ada nama kerajaan tersebut.

Sejarah mengenal Kerajaan Sunda. Sementara Pajajaran adalah bagian dari kerajaan tersebut. Yang memiliki ciri khas ibu kota berpindah-pindah. 

Bahkan tercatat, setidaknya ada beberapa daerah yang pernah menjadi pusat ibu kota Kerajaan Sunda. Yakni, Banjar, perbatasan Ciamis - Banjar. Lalu kembali ke Kawali yang merupakan pusat dari Kerajaan Galuh.

BACA JUGA:Polres Cirebon Kota Tangkap Sindikat Penipu Asal Makassar, Pelakunya ada 7 Orang

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Prof Dr Nina Herlina Lubis menjelaskan, perpindahan ibu kota kerajaan menjadi ciri khas dan karakteristik yang ada di Jawa Barat.

Berbeda dengan kerajaan yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sehingga peninggalan candi di wilayah Jawa Barat juga terbilang sedikit. Sebab, karakteristik dari masyarakatnya pada saat itu, sering berpindah-pindah.

“Di Kawali itulah kita menemukan sumber yang bisa dipercaya tentang Galuh, yaitu  6 prasasti yang menyebutkan berbagai peristiwa tentang kerajaan Galuh,” papar Prof Nina, di agenda diskusi virtual Satu Jam Berbincang Ilmu: Kerajaan Sunda, beberapa waktu lalu.

Cikal bakal dari Kerajaan Sunda sesungguhnya adalah penyatuan dari Kerajaan Galuh dan Sunda. Peristiwa ini terjadi pada masa Sanjaya, Raja Sunda setelah Maharaja Trarusbawa.

BACA JUGA:Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 1444 H pada Rabu 28 Juni 2023, Cuti Bersama Minta Ditambah

“Dalam sumber primer Prasasti Canggal disebutkan, Sanjaya merebut takhta kerajaan Galuh dari Rahyang Purbasora sekitar sebelum tahun 732 Masehi,” jelasnya.

Pajajaran Bukan Kerajaan

Kerajaan Kerajaan Sunda yang paling dikenal masyarakat Sunda adalah Pajajaran. Namun, Pajajaran bukanlah nama sebuah kerajaan. Sebab, nama kerajaan yang sebenarnya adalah Kerajaan Sunda.

Prof Nina menjelaskan, Pajajaran adalah ibu kota atau pusat kekuasaan kerajaan Sunda selama masa Sri Baduga Maharaja, atau Prabu Siliwangi, yaitu Pakwan Pajajaran. Pakwan Pajajaran terletak di wilayah Kota Bogor, saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: