STMIK IKMI Jajaki Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Thailand

STMIK IKMI Jajaki Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Thailand

STMIK IKMI Cirebon terus mengembangkan jaringan kerjasamanya dengan beberapa perguruan tinggi vokasi yang ada di Negara Thailand. -ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - STMIK IKMI Cirebon terus mengembangkan jaringan kerjasamanya dengan beberapa perguruan tinggi vokasi yang ada di Negara Thailand. Kerjasama yang dikembangkan tentunya mengacu pada visi dan misi yang telah dicanangkan yakni ingin menjadi perguruan tinggi unggulan berbasis Kecerdasan Artificial. Visi tersebut dilaksanakan melalui program Tridharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengembangan pendidikan dan pengajaran yang bermutu.

Perguruan tinggi vokasi  yang dijajaki oleh STMIK IKMI Cirebon diantaranya adalah Thaksina Business Technological College, Inburi Industrial and Community Education College, Minburi Technical College, Sripatum University, dan Kanchanapisek Mahanakorn Technical College Bureau of Personnel Development.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Implementation Aggreement (IA) telah disepakati oleh kedua belah pihak antara STMIK IKMI Cirebon Indonesia yang ditandatangani oleh Ass. Prof. Dian Ade Kurnia, M.Kom selaku Wakil Direktur Bidang Kerjasama dengan Thaksina Business Technological College Thailand yang ditandatangani oleh Mrs. Nonglak Trakullwong selaku Direktur serta dengan Inburi Industrial and Community Education College Thailand yang ditandatangani oleh Mr. Anuchit Auttaniti selaku Direktur.

Dian menjelaskan, bentuk kerjasama yang dikembangkan adalah di bidang perbaikan mutu pendidikan, pertukaran mahasiswa, pertukaran sumberdaya pengajar, penelitian bersama, workshop dan  international conference.

BACA JUGA:GEGER Satu Indonesia, Balita 3 Tahun Positif Narkoba Setelah Minum Air Mineral yang Dikasih Tetangga

BACA JUGA:Terlambat, Beckham Baru Bergabung dengan Persib, Langsung Uji Coba dan Dapat Tugas Khusus Selama Pra Musim

Menurutnya, salah satu bentuk kerjasama tersebut diimplementasikan melalui kegiatan workshop Workshop On International Collaobration Thailand-Indonesia On Digital Literacy & Metaverse Development, yang diselenggarakan pada tanggal 12 Juni 2023 bertempat di Thaksina Business Technological College.

Kegiatan tersebut, lanjutnya diikuti oleh dirinya, selalu Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Raditya Danar Dana, M.Kom selaku dosen di bidang teknologi Metaverse.

"Selain itu, dua orang mahasiswa Sarjana semester 2 dan semester 5 juga turut serta dalam kegiatan itu, " Ungkapnya.

Dian menuturkan, bentuk implementasi lainnya adalah dua orang mahasiswa atas nama Moh Raka Iqbal Bareno dan Ade Falention memberikan materi pembelajaran sekaligus mengerjakan projek Teknologi Metaverse di Inburi Industrial and Community Education College Thailand selama 1 bulan. Mahasiswa tersebut sebelum berangkat ke Thailand diberikan pembekalan terlebih dahulu selama 10 hari oleh PENS ITS Surabaya bekerjasama dengan SEAMEO QTEP in Science di Padepokan Seameo Bandung.

BACA JUGA:Lowongan Kerja di Jepang Terbaru, Bisa Konsultasi Dulu di Sini

BACA JUGA:Lebih Sukses dari Messi, Striker Argentina Siap Hadapi Indonesia

Dian berharap, dari kegiatan ini, STMIK IKMI Cirebon dapat meningkatkan kapasitas institusi melalui pengembangan kerjasama internasional untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai visi dan misi yang telah dicanangkan.

"Selain itu kegiatan ini juga untuk mencapai Indeks Kinerja Utama (IKU) yang telah dicanangkan Kementrian oleh Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi yaitu Mahasiswa mendapatkan pengalaman diluar kampus, Dosen berkegiatan diluar kampus , Program Studi bekerjasama dengan Perguruan Tinggi  Mitra Internasional, " Pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:'Sesatnya' Al Zaytun, Walau Berkoloni, Kutu itu Tetap Kecil, Apalagi Hanya Sekutu

BACA JUGA:Usai Taklukan Jalur Sabang – Medan, Rombongan Touring XMAX Connected Lanjutkan Eksplorasi Pesona Tanah Minang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: