Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Gelar Program Pengabdian Masyarakat

Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Gelar Program Pengabdian Masyarakat

Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya for Radar Cirebon-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Program Studi Keperawatan dan Program Studi Gizi Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di PONED Puskesmas Sitopeng Kota Cirebon. Kegiatan berlangsung sejak 22 hingga 24 Juni 2023.

Kegiatan kerjasama Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dengan Puskesmas Sitopeng ini turut mendapat dukungan penuh dari Kepala Puskesmas Sitopeng, dr H Eko Dewantoro dan Kepala Tata Usaha, Arifatulfahmi, SKep.

Kegiatan diikuti oleh 20 orang ibu hamil dan kader Kesehatan, serta dihadiri oleh Bd. Heni Nur’aeni SST Bd, Widya Kristiawati AMd Keb, coas, internship, dan tim pengabmas yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari Program Studi Keperawatan Cirebon dan Program Studi Gizi Cirebon.

Ketua tim PkM dari Program Studi Keperawatan Cirebon, Santi Wahyuni SKp MKep Sp Mat menuturkan tujuan kegiatan PkM adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan ibu hamil melakukan pemberian stimulasi pralahir kepada janin dalam kandungnya.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut turut hadir juga bidan koordinator wilayah kerja Puskesmas Sitopeng, Bd. Heni Nur’aeni SST.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Pelatihan di hari pertama dimulai dengan pengambilan data pre-test, diikuti pemaparan materi peran orang tua dalam membentuk generasi berkualitas dan konsep kehamilan serta adaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi selama kehamilan oleh dosen dari Program Studi Keperawatan Cirebon, Badriah SST MPH.

BACA JUGA:Warga Cirebon Happy, Tol Cisumdawu Bikin Perjalanan ke Bandung Serasa ke Kuningan Saja

BACA JUGA:Ajaran Pangeran Madrais Dedengkot Sunda Wiwitan dari Kuningan, Pencetus Agama Djawa Sunda

Ia menuturkan setiap orang tua menghendaki anak-anaknya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Orang tua dapat mempersiapkan anak sejak dalam kandungan agar janin yang dikandungnya sehat secara fisik dan mempunyai kecerdasan yang optimal.

"Pemberian stimulasi akan meningkatkan potensi kecerdasan apabila dilakukan sejak masa kehamilan dan di saat awal kehidupan," tuturnya.

Pelatihan pun berlanjut di hari kedua dengan pemateri dosen dari Program Studi Gizi Cirebon, Isnar Nurul Alfiyah S Gz MPH.

Ia mengungkapkan materi yang diberikan pada kesempatan tersebut seputar nutrisi bagi ibu hamil. Program pemberian nutrisi merupakan salah satu dari komponen program stimulasi pralahir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: