Waswas terhadap Masa Depan, Simaklah Ada 4 Sumber Ketenangan Jiwa, Apa Saja?

Waswas terhadap Masa Depan, Simaklah Ada 4 Sumber Ketenangan Jiwa, Apa Saja?

4 langkah untuk mendapatkan ketenangan jiwa.-Pixabay-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Dalam hidup pasti pernah merasakan kegundahan, kegalauan, dan kesedihan. Betapa banyak problematika hidup yang terkadang membuat hati tidak tenang. 

Was-was terhadap masa depan, khawatir tentang suatu keadaaan, sedih atas musibah, dan gundah gulana ketika menghadapi masalah. 

Demikianlah realitas kehidupan, banyak kejadian yang membuat hati tidak tenang. Ketahuilah, bagi umat Islam, obat dari semua ini ada dalam Al-Quran. 

Ketenangan hati adalah dambaan setiap insan. Allah menjadikan Al-Quran sebagai sumber untuk mendapat ketenangan hati.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Lokasi Peresmian Tol Cisumdawu Mendadak Pindah dari GT Ujung Jaya ke Terowongan Kembar

Menurut Al-Quran, ada 4 sumber ketenangan untuk jiwa, yakni:

1. Rumah 

Ternyata rumah menjadi salah satu sumber ketenangan jiwa. Hal ini seperti termaktub dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 80 yang artinya sebgai berikut:

“Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit hewan ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu (tertentu)”.

2. Malam 

Dalam Al-Quran, Surat Yunus  ayat 67 dijelaskan jika malam merupakan salah satu sumber ketengan. Maka salat dan berdoalah di malam hari, Allah akan menjamin ketenangan jiwa hamba-hambanya.

BACA JUGA:Mantan Karyawan BPR PK Balongan Ditahan Kejari Indramayu, Diduga Otak Pelaku Kredit Fiktif Nasabah

Ayat itu artinya sebagai berikut:

“Dialah yang menjadikan malam bagimu agar kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sungguh, yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: