Susur dan Bersih-bersih di Sungai Sukalila Cirebon, Begini Pesan Penting dari BBWS untuk Masyarakat

Susur dan Bersih-bersih di Sungai Sukalila Cirebon, Begini Pesan Penting dari BBWS untuk Masyarakat

Kepala BBWS Cimancis Dwi Agus Kuncoro, Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati dan Forkopimda Kota Cirebon menyusuri Sungai Kali Sukalila membersihkan sampah, Kamis (27/7/2023). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

"Ada Juga kegiatan bazar yang disi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Cirebon. Kemudian kegiatan juga dilanjutkan dengan acara sapa balai dengan Menteri PUPR secara online," ucapnya.

BACA JUGA:Rute Pesawat Jet Dipindah dari Bandara Husein ke Kertajati, Padahal Sedang Lesu

BACA JUGA:Tak Mau Husein Sastranegara Ditutup dan Pindah ke Kertajati, Ada Usul New Husein dari Pegiat Medsos

Masih di tempat yang sama, Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati menuturkan, kawasan Muara Sungai Sukalila ini telah direvitalisasi pada tahun 2021.

Pemkot melaksanakan normalisasi sungai dan penataan lingkungan sebagai bentuk kerjasama dan sinergitas dengan pemerintah pusat yakni Kementerian PUPR dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

"Hari ini, kita semua tentu berharap dapat menghasilkan dampak yang positif bagi kondisi lingkungan dan masyarakat. Tidak hanya membersihkan sampah, saya berharap kita semua selanjutnya dapat mengetahui dan memetakan potensi sungai. Potensi ini penting kita petakan agar fungsi sungai di sisi lain dapat terjaga dan di sisi lain dapat memberikan fungsi produktif lain," tuturnya.

Selain itu, lanjut Eti, dirinya juga berharap kegiatan tersebut dapat mengampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

"Pencemar terbesar sungai disebut berdasarkan data pemantauan berasal dari limbah domestik rumah tangga. Untuk itu melalui gerakan-gerakan peduli sungai seperti ini diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi karena masyarakat juga akan semakin teredukasi pentingnya sungai yang bersih. Semoga, apa yang menjadi harapan bersama ini dapat diwujudkan secara maksimal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: