Sungai Aare Swiss Versi Bandung Barat, Sanghyang Kenit Sungai Citarum Purba, Peninggalan Dewa

Sungai Aare Swiss Versi Bandung Barat, Sanghyang Kenit Sungai Citarum Purba, Peninggalan Dewa

Sanghyang Kenit yang merupakan aliran Sungai Citarum Purba, kini mendapat julukan baru yang viral yakni Sungai Aare Swiss versi Bandung Barat.-@doyanbangetjajan/ig-radarcirebon.com

BACA JUGA:Perkutut Majapahit, Ciri-Ciri dan Keistimewaannya, Karena Hal Ini Banyak Orang Ingin Memilikinya

Selain itu, di sebagian area sungai dipakai untuk pemusatan latihan atlet arung jerang. Kemudian ada juga wisata arung jeram yang diperasikan oleh operator yakni Kapinis dan Air Nusantara.

Selain berarung jeram, pengunjung dapat menikmati wisata susur goa sejauh 600 meter dengan berjalan dan mendokumentasikan stalaktit yang ada di dalam gua.

“Memang yang ada di Kabupaten Bandung Barat ini merupakan gua yang terpanjang. Gua ini tembus ke Sanghyang Tikoro. Jarak dari Sanghyang Kenit sampai Sanghyang Tikoro kurang lebih 600 meter dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam tapi kadang yang lama itu saat pengambilan dokumentasi karena batunya itu bagus – bagus seperti kristal yang menyala – nyala,”tuturnya.

Untuk melakukan susur gua dikenakan biaya lagi untuk keamaan berupa APD, pelampung, helm, dan penerangan sebesar Rp 150.000 dan makan dengan minimal peserta 5 orang.

BACA JUGA:Sejarah Husein Sastranegara, Perintis Angkatan Udara yang Menjadi Nama Bandara di Bandung

“Kenapa keamananya ada pelampung karena rute dari Sanghtang Kenit – ke Sanghyang Tikoro ini melewati 2 rute yang pertama rute kering yang hanya melewati bebatuan saja untuk sampai ke Sanghyang Tikoro kemudian dilanjut rute basah yang diwajibkan untuk pelampung karena ketinggian airnya bisa mencapai dada orang dewasa,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO JAWA BARAT (@infojawabarat)

Menurutnya, objek wisata Sanghyang Kenit ini cukup banyak pengunjung setiap harinya. Rata-rata 200-an orang datang, terutama di musim liburan.

Belakangan, video mengenai Sanghyang Kenit yang merupakan Sungai Citarum Purba ini viral di media sosial, dan kini mendapat julukan baru Sungai Aare Swiss versi Bandung Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: