Suka Ngopi? Mulai Saat Ini Jangan Buang Ampasnya, Ketahui Manfaat dari Ampas Kopi Berikut Ini

Suka Ngopi? Mulai Saat Ini Jangan Buang Ampasnya, Ketahui Manfaat dari Ampas Kopi Berikut Ini

Manfaat dari ampas kopi yang bisa digunakan dalam kehidupan keseharian.-Otten Cofee/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Mungkin tidak banyak orang mengetahui bahwa ampas kopi memiliki banyak manfaatnya, secangkir kopi yang biasa di minum pagi dan sore memiliki manfaatnya. 

Tapi hal ini hanya berlaku untuk kopi hitam tanpa gula,kopi hitam dengan gula,ataupun kopi hitam yang dicampur susu. Kopi yang biasa di seduh atau dibuat dengan teknik di saring akan meninggalkan bekas atau ampas kopi.

Nah ampas kopi yang biasa ada di kopi itu ternyata banyak manfaatnya salah satunya bisa di pakai untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, bisa dipakai untuk campuran kompos mapun sebagai pupuk alami pada tanaman. Karena banyak manfaatnya, tentu harus diketahui penggunaannya.

BACA JUGA:Selain Dijuluki Kota Angin dan Wisata, Ternyata Majalengka Dikenal Produk Kopinya Hingga Bermunculan Kafe-kafe

Berikut Manfaat dari Ampas Kopi:

1. Membantu Menyuburkan Tanaman

Manfaat pertama ampas kopi yang utama membantu menyuburkan tanaman. Meskipun sudah menjadi ampas nutrisi baik di dalam kopi itu tidak merta menghilang begitu saja.

Ampas kopi ini bisa menjadi sumber makanan baik untuk cacing tanah. Keberadaan cacing tanah diyakini bisa membantu menyehatkan sekaligus menyuburkan tanaman.

Tetapi perlu diketahui juga jangan terlalu banyak memberikan ampas kopi pada tanaman. Karena kadar keasaman yang di miliki oleh kampas kopi juga bisa mengganggu cacing tanah.

2. Membantu mengusir Hama pada tanaman 

Dilansir dari Gardening Know How manfaat dari ampas kopi yaitu pengusir Hama tanaman. Sebut saja mulai dari bekicot, ulat, siput, kupu-kupu hingga daun.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Boleh Konsumsi Kopi? Begini Kata Dokter Spesialis Jantung

Hewan tersebut menjadi penghambat pertumbuhan tanaman karena dikenal suka makan daun-daunan dan buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: