Bye Bye Bandara Husein Sastranegara, 29 Oktober Penerbangan Pindah ke Bandara Kertajati

Bye Bye Bandara Husein Sastranegara, 29 Oktober Penerbangan Pindah ke Bandara Kertajati

Bandara Husein Sastranegara tidak ditutup saat penerbangan dialihkan ke Bandara Kertajati. -Harry Makertia/Ist-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Warga Jawa Barat sepertinya harus mengucapkan bye bye untuk penerbangan domestik di Bandara Husein Sastranegara.

Pasalnya, pada 29, Oktober 2023 nanti, seluruh penerbangan akan pindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Pemindahan penerbangan tersebut dilakukan dengan penataan rute berdasarkan tipe pesawat seperti yang disampaikan Presiden RI, Ir Joko WIdodo.

Sehingga seluruh penerbangan dengan pesawat jet akan pindah ke Bandara Kertajati. Sedangkan di Bandara Husein Sastranegara hanya akan disisakan penerbangan pesawat baling-baling.

BACA JUGA:Line Up Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kertajati, Ada 2 dari Asing, Masih Nambah Lagi?

Namun, rute penerbangan pesawat baling-balin tersebut, sementara ini hanya ada satu destinasi yakni Bandung - Yogyayarta (pulang pergi).

Sementara sebanyak 7 rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara dipindahkan ke Bandara Kertajati.

Misalnya penerbangan dengan tujuan Bali, Batam, Banjarmasin, Balikpapan, Palembang, Makassar, dan Medan.

Sedangkan rute internasional baru 2 destinasi yakni Kuala Lumpur dan Jeddah. Khusus untuk Arab Saudi hanya untuk perjalanan umrah.

BACA JUGA:LENGKAP! Ini 10 Transportasi Darat dan 9 Rute Penerbangan yang Ada di Bandara Kertajati, Tidak Perlu Ragu Lagi

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat, Muhammad Taufiq Budi Santoso mengatakan, pemindahan penerbangan ke Bandara Kertajati diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

Pihak bandara juga sudah menggandeng layanan transportasi antarmoda dari Bandung ke Majalengka untuk memenuhi kebutuhan penumpang.

Karenanya, ditargetkan pasca pemindahan tersebut Bandara Kertajati dapat melayani 32 ribu penumpang per minggu.

"Ada 4 atau 5 maskapai yang pindah ke Bandara Kertajati dari semula itu di Bandung. Kemudian ada 2 airline untuk penerbangan internasional," kata Taufiq, seperti dilansir dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: