Saingan Baru Bandara Kertajati, 45 Menit sampai Jakarta, 50 Menit lewat Tol Cisumdawu, Pilih Mana?

Saingan Baru Bandara Kertajati, 45 Menit sampai Jakarta, 50 Menit lewat Tol Cisumdawu, Pilih Mana?

Bandara Kertajati akan memiliki saingan baru yakni Bandara Halim Perdanakusuma karena ada Kereta Cepat Jakarta Bandung.-Onkel Hotte/Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Saham Persib Bandung Ditawar Raffi Ahmad

Menurut Yunandar, dengan hadirkan kereta cepat akan membuat Bandara Kertajati memiliki saingan baru yakni Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kendati demikian, Yunandar yakin bahwa prospek BIJB Kertajati ke depannya bakal luar biasa dan menjadi bandara kebanggaan Jawa Barat.

"Ini bandara internasional kedua terbesar di Indonesia. Itu saya yakin bisa terjadi," katanya.

Di sisi lain, pengamat penerbangan, Gerry Soejatman menilai, jarak perjalanan dari Kota Bandung ke Bandara Kertajati memang terlihat menyeramkan yakni 98 kilometer dan dari Bandung Timur sekitar 60-an kilometer.

BACA JUGA:Keuntungan Cara Pakai Kredivo di Tokopedia Lengkap dengan Tutorialnya

Jarak tersebut bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1 jam sampai dengan 1,5 jam perjalanan.

Karenanya, menurut Gerry yang perlu dilakukan adalah dengan menyediakan transportasi publik yang memadai dari Bandung ke Bandara Kertajati dan sebaliknya.

"Sekarang mending minta sama Pemprov Jabar untuk public transport yang handal ke KJT. Kalo nggak diberikan, bakal pada ke HLP dan CGK juga nantinya," ungkapnya.

Gerryy menambahkan, transportasi menjadi sangat penting untuk menghubungkan Bandung ke Bandara Kertajati sebagai basis penumpang terbanyak.

BACA JUGA:Ternyata Ada Potensi Konlfik Jika Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23, Erick Thohir Sudah Siap-siap

"Cocoknya apa sih buat nyambungin Bandung ke Kertajati? Kalo nggak ada tolnya, ya mati lah itu bandara. Kecuali mau gila buka rute ATR dari BDO ke KJT sekedar untuk nyambungin. Ya, gila sih emang," bebernya.

Ada opsi yang menarik yakni menyediakan kereta bandara. Tetapi ini masih perlu waktu lama dan investasi yang juga tidak sedikit menelan dana.

"Investasi gila-gilaan lagi. OK, kalo bus? Tetep, waktu tempuhnya masuk akal. Tapi, agar bisnya dan kereta bisa menarik butuh 2 hal: Harga murah, jadwal teratur dan bisa dihandalkan. Harga murah di awal ini sangat dibutuhkan di awal biar masyarakat bisa tau aksebilitas yang diberikan apa," bebernya.

Jarak dari Bandung ke Bandara Kertajati sebenarnya tidak terlalu jauh dan waktu tempuhnya masih sangat masuk akal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: