Tinggal di Kaki Gunung Ciremai? Ini Calon Wilayah yang Dilewati Jalan Tol Kuningan

Tinggal di Kaki Gunung Ciremai? Ini Calon Wilayah yang Dilewati Jalan Tol Kuningan

Wilayah yang dilewati oleh Jalan Tol Kuningan mulai dari Mandirancan sampai ke Darma. Foto hanya ilustrasi.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Pemerintah berencana melakukan pembangunan Jalan Tol Kuningan yang melewati wilayah kaki Gunung Ciremai dengan sejumlah daerah yang dilewati.

Gambaran rute dari Jalan Tol Kuningan tersebut, seluruhnya berada di kaki Gunung Ciremai. Membentang mulai Mandirancan hingga Cikijing di Kabupaten Majalengka.

Kabarnya, rencana pembangunan akses yang menghubungkan Tol Cipali dengan Tol Getaci ini, akan dilaksanakan dalam beberapa tahun mendatang.

Meski masih lama pembangunannya, tetapi sudah masuk dalam perencanaan. Bahkan, di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) nasional.

BACA JUGA:Tanpa BI Checking, Begini Cara Mengaktifkan Paylater Tokopedia, Limit hingga Rp 8 Juta

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kuningan berharap rencana pembangunan Jalan Tol Kuningan benar-benar terealisasi.

Bahkan kalau bisa lebih cepat dari perencanaan, karena kebutuhannya memang sangat mendesak sebagai penopang pariwisata.

Sebagai gambaran, pembangunan jalan tol biasa menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Sehingga tidak membebani APBN dan bisa dilaksanakan lebih cepat dari perencanaan. Tawaran itu, juga sempat disampaikan untuk pengerjaan Jalan Tol Indramayu – Kertajati.

BACA JUGA:Persib Terbanyak Sumbang Pemain ke Timnas Indonesia vs Brunei, Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kepala Dina Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupten Kuningan, I Putu Bagiasna membenarkan bahwa rencana pembangunan Jalan Tol Cipali Exit Kuningan sudah masuk dalam perencanaan pemerintah.

"Jalan tol ini sudah masuk dalam perencanaan pemerintah bahkan ada di RTRW. Tentu kita berharap ini bisa benar-benar terlaksana," kata Bagiasna.

Menurut dia, Kabupaten Kuningan sudah waktunya memiliki jalan tol sebagai alternatif akses bagi masyarakat, khususnya dari luar kota.

Sebab, keberadaan jalan tol akan memberikan kemudahan dan lebih cepat mencapai ke tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: