Lokasi Rest Area Jalan Tol Cisumdawu yang Proyeknya Disinggung Jusuf Hamka saat Tagih Utang ke Pemerintah

Lokasi Rest Area Jalan Tol Cisumdawu yang Proyeknya Disinggung Jusuf Hamka saat Tagih Utang ke Pemerintah

Lokasi Rest Area Jalan Tol Cisumdawu yang diperkirakan berada di sekitar Seksi 5B Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Istimewa/tangkapan layar-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Bos PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka kembali bicara terkait utang pemerinta ke perusahaannya yakni PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP).

Jusuf Hamka berdalih, dia membutuhkan pemerintah membayar utang sebesar Rp 800 miliar karena akan digunakan membangun rest area Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu.

Karenanya, perbincangan mengenai lokasi dari rest area Jalan Tol Cisumdawu ini kembali mengemuka. Di mana sebenarnya fasilitas itu akan dibangun? Kapan selesai? Kenapa belum ada?

Seperti diketahui, Jalan Tol Cisumdawu mulai beroperasi usai diresmikan Presiden RI, Ir Joko Widodo pada 11, Juli 2023.

BACA JUGA:Pelabuhan Cirebon Akan Terus Berkembang Seiring dengan Hadirnya Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati

Namun sejak diresmikan dan beroperasi sampai dengan sekarang ini, akses jalan tol tersebut belum dilengkapi dengan rest area.

Padahal, jalan tol ini membentang kurang lebih sekitar 61,7 kilometer antara Cileunyi sampai dengan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Karenanya, keberadaan rest area menjadi sangat penting untuk persinggahan dan tempat istirahat dari pengguna jalan.

Sempat ditargetkan tuntas di pertengahan tahun 2024, kabarnya pembangunan rest area ini bakal mundur dari jadwal.

BACA JUGA:Duet Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati Diprediksi Membuat Lonjakan Logistik ke Pelabuhan Cirebon

Namun dari desain yang dibagikan nampak pembangunannya memang dilakukan secara bertahap. Mulai dari fasilitas dasar hingga penambahan beragam sarana prasarana termasuk hotel.

Berdasarkan desain yang telah dipublikasikan, lokasi dari Rest Area Tol Cisumdawu dikabarkan akan berada di Seksi 5B Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Menilik lokasinya, rest area ini sebenarnya tidak jauh dari Kabupaten Majalengka. Bila pengendara lewat dari Kilometer 152 Tol Cipali, hanya berjarak kurang dari 10 kilometer saja.

Dari bocoran yang didapat radarcirebon.com, nampak rest area akan dilengkapi dengan skywalk yang berbentuk seperti angka 8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: