LKPD Dilantik, Bupati Harap Demokrasi Tumbuh Lebih Baik

LKPD Dilantik, Bupati Harap Demokrasi Tumbuh Lebih Baik

DILANTIK. Pengurus Lembaga Kajian Pembangunan dan Demokrasi (LKPD), resmi dilantik, Kamis (12/10)-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pengurus Lembaga Kajian Pembangunan dan Demokrasi (LKPD), resmi dilantik, Kamis (12/10). Pelantikan itu mengangkat tema "Cerdas Berdemokrasi Menuju Pemerataan Pembangunan Kabupaten Cirebon yang Berkemajuan dan Berkeadilan".

Tampak hadir Bupati Cirebon, H Imron yang sekaligus membuka Kongres LKPD, juga beberapa perwakilan partai politik serta Ketua KPU Kabupaten Cirebon yang juga sebagai Dewan Penasehat LKPD, Dr Sopidi MA.

"Kami berharap anak-anak yang baru saja dilantik ini bisa bekerja dengan baik dan akan menciptakan, menumbuhkan demokrasi yang berjalan dan lebih baik lagi di Kabupaten Cirebon," kata Bupati Cirebon,  Imron.

Menurut Imron dengan tumbuhnya demokrasi di Kabupaten Cirebon, berarti akan tumbuh juga wawasan masyarakat. Sebab, demokrasi akan tumbuh apabila masyarakatnya juga memiliki SDM yang baik. "Kalau SDM masyarakatnya lemah, tidak mungkin akan tahu hak dan kewajiban mereka dalam berdemokrasi," terangnya.

BACA JUGA:ASYIK! Warga Tegal Bisa ke Bandara Kertajati Naik Damri, Sedang Diajukan Izin Trayek Loh

BACA JUGA:Tanggal 12, PAN Cirebon Salurkan 12 Tangki Air Bersih untuk Bantu Rakyat Lawan Kekeringan

Imron mengaku optimis  Kabupaten Cirebon akan lebih maju lagi baik dalam hal pembangunan maupun demokrasi. Karenanya, ia menawarkan LKPD untuk berkolaborasi dengan dinas apa saja, agar dinas terkait juga bisa melaksanakan programnya dengan baik dan sesuai aturan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Dr Sopidi MA menjelaskan, LKPD ini diikhtiarkan dan lahir jauh sebelum lembaga ini diresmikan. Yang awalnya sempat muncul bernama Kopitede singkatan dari Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, lalu berubah lagi menjadi Kudupede.

"Lalu juga sempat muncul, Kapidi, intinya soal kepedulian teman-teman. Lalu wadah ini kelihatannya teman-teman ingin dijadikan sebagai media untuk mereka berikhtiar, berkontribusi kepada pembangunan," katanya.

Alhasil, lembaga ini menjadi bagian dari teman-teman untuk bersilaturahmi, berkumpul untuk memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah.

BACA JUGA:Kisah Maskapai Palestinian Airlines Kebanggaan Rakyat Palestina yang Akhirnya Berhenti Terbang

BACA JUGA:RA Tahfiz Quran Attaqwa Gelar Outing Class Memanah

Ditempat yang sama, Ketua Umum LKPD, Agus Riyanto menyampaikan, setelah dilantik, pihaknya akan melaksanakan rapat koordinasi dan rapat kerja. Pertama, pihaknya akan menginventarisir permasalahan-permasalah di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.  

"Itu sebagai pembelajaran bagi kita, karena kita awal," katanya. Pihaknya juga siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah, dan pihak lainnya demi pembangunan daerah dan tumbuhnya demokrasi di Kabupaten Cirebon agar lebih baik.

"Pasti kita akan kolaborasi dengan pemerintah daerah, akan kolaborasi dengan perusahan-perusahaan untuk CSR. Kolaborasi juga dengan lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi lain," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: