Produk Olahan Laut Masih Tradisional, UMKM di Mundupesisir Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas

Produk Olahan Laut Masih Tradisional, UMKM di Mundupesisir Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas

Penggiat UMKM di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon mengikuti pengembangan kapasitas usaha hasil olahan laut yang diselenggarakan oleh PNM Cabang Cirebon.-Deny Hamdani-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Masyarakat di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon banyak yang memproduksi berbagai macam makanan hasil olahan laut. 

Namun sayangnya tehnik produksi pengolahannya masih tradisional, sehingga perlu dilakukan pelatihan tehnik produksi dan pemasaran yang kekinian.

Belum lama ini, masyarakat penggiat UMKM mengikuti pengembangan kapasitas usaha hasil olahan laut yang diselenggarakan oleh PNM Cabang Cirebon.

Pemimpin Cabang PNM Cirebon M Komar mengatakan pihaknya sengaja menyelenggarakan kegiatan pengembangan kapasitas usaha hasil olahan laut. 

BACA JUGA:Merinding! Inilah Alasan Mahfud MD Mau Menjadi Cawapres Ganjar Pranowo

"Ini untuk Kecamatan Mundu daerah Desa Mundupesisir,"ujarnya.

Pihaknya sengaja memilih Desa Mundupesisir sebagai tempat pelatihan dan pengembanvan usaha hasil olahan laut karena memang pihaknya mempunyai kantor di desa tersebut. 

"Kita berikan pendampingan dan pemberdayaan,"tuturnya. 

Menurut Komar ada beberapa materi yang disampaikan kepada para warga. 

BACA JUGA:Ketika Netizen Menggali Sampai 'Kerak Bumi' Ungkit Cuitan Prabowo Tahun 2009: Mega - Bowo Pro Rakyat

"Pertama, praktek langsung pembuatan olahan laut membuat kerupuk dari petis , kedua motivasi wirausaha," ujarnya.

Pihaknya menilai Desa Mundupesisir mempunyai banyak potensi ussha hasil olahan laut. "Ada rajungan, kepiting, ikan bandeng nah ini kita coba melihat kearifan lokal yaitu pengolahan hasil laut yaitu kerupuk. Kita dampingi sampai mereka memiliki packiging yang bagus," tandasnya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase