Petilasan 'Wajib' Dikunjungi Para Calon Kuwu di Wilayah III Cirebon

Petilasan 'Wajib' Dikunjungi Para Calon Kuwu di Wilayah III Cirebon

Situs atau petilasan yang wajib dikunjungi para calon kuwu sebelum mengikuti pemilihan. Seperti Pilwu Serentak 2023 Kabupaten Cirebon yang bakal digelar.-Ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menjadi sebuah tradisi, sebelum maju sebagai calon kuwu atau kepala desa, mendatangi sebuah petilasan sebagai upaya kemantapan hati.

Beberapa petilasan yang ada di Wilayah III Cirebon, menjadi tempat yang 'wajib' dikunjungi para calon kuwu, sebelum mereka memutuskan untuk maju.

Lewat 'ilafat' atau izin yang diperoleh dari petilasan tersebut, baru mereka bisa mengikuti pemilihan tersebut.

Berikut ini, beberapa petilasan yang ada di Wilayah III Cirebon, selalu dikunjungi para calon kuwu sebelum mendaftarkan diri.

Situs Buyut Salam, Kuningan

Situs Buyut Salam terletak di Desa Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Berada di kaki Gunung Ciremai, Situs Buyut Salam menjadi destinasi wisata religi bagi orang-orang yang ingin mendapat keberkahan dalam hidup.

Banyak peziarah dari luar kota yang sengaja datang untuk mendapatkan keinginan mereka, bahkan ada yang sampai rela bermalam di situs tersebut.

BACA JUGA:Catatan Bojan Hodak Sehari Sebelum Persib Melawan Borneo FC, Banyak Pujian untuk Lawan

Selain warga biasa, beberapa calon pejabat atau kepala desa (kuwu), wajib mengunjungi petilasan yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan ini.

Menurut Kuwu Desa Sangkanerang Sarman, kebanyakan orang yang datang ke Situs Buyut Salam mempunyai keinginan seperti posisi dalam pekerjaan atau jabatan tertentu.

"Paling sering kalau musim pemilihan kuwu, banyak diantara mereka menyempatkan diri datang ke sini," ujar Sarman dikutip dari radarcirebon.com, Jumat 8 Januari 2021.

Di situs tersebut, terdapat dua buah batu jubleg (batu untuk menumbuk padi), yang merupakan peninggalan zaman dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: