Kota Paling Nyaman di Indonesia, Cirebon urutan 3 di Bawah Kotanya Gibran

Kota Paling Nyaman di Indonesia, Cirebon urutan 3 di Bawah Kotanya Gibran

Kota paling nyaman di Indonesia, Cirebon menempati urutan ketiga setelah Solo dan Jogjakarta. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

BACA JUGA:Kiai Abbas Cirebon dan Sejarah Resolusi Jihad, Tokoh Kunci Pertempuran 10 November di Surabaya

Survei IAP ini melibatkan lebih dari 20 ribu responden dari 52 kota yang tersebar di 32 provinsi Indonesia. Responden dipilih secara acak, tingkat toleransi kesalahan (margin of error) survei 5%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Kota Solo berlokasi di Indonesia tepatnya di Provinsi Jawa Tengah, dari Jakarta atau Bali dapat ditempuh selama satu jam dengan  perjalanan udara. 

Sedangkan dari Kuala Lumpur selama dua jam, dari Singapura selama satu setengah jam melalui perjalanan udara atau bisa juga melalui perjalanan darat via kereta api selama 8 jam dari Jakarta. Akses ke Solo dapat dijangkau dari Yogyakarta selama 1 jam dengan kereta api.

Solo memiliki gerbang internasional dan dapat diakses langsung dari Kuala Lumpur dan Singapura. Selain itu dapat pula diakses langsung dari Jakarta atau Bali melalui Yogyakarta.

BACA JUGA:Bursa Transfer Liga 1, Rumor 2 Pemain Tinggalkan Persib, 1 Datang dari Persija

Populasi penduduk Kota Solo  563.814 jiwa (data Dispendukcapil tahun 2018) di mana penduduk Solo dikenal kental dengan budaya Jawa dan menjadi salah satu pusat pengembangan tradisi Jawa.

Kejayaan Solo berlangsung sejak abad ke-19 mendorong perkembangan sastra Jawa, kuliner, fashion, arsitektur dan berbagai budaya lainnya.

Dari segi luas kota dan kependudukan, Solo memiliki kemiripan dengan Kota Cirebon. Lantaran memiliki basis budaya yang cukup kuat.

Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan daerah Jakarta-Semarang-Surabaya.

BACA JUGA:Hasil Pilwu Serentak Kabupaten Cirebon, Termuda 26 tahun, Tertua 66 Tahun

Kota Cirebon juga dikenal dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Sebagai daerah pertemuan budaya Jawa dan Sunda sejak beberapa abad silam, masyarakat Cirebon biasa menggunakan dua bahasa, bahasa Sunda dan Jawa.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan IAP, Kota Solo, Kota Jogjakarta dan Kota Cirebon menempati urutan 3 teratas kota paling nyaman di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: