Kota Paling Nyaman di Indonesia, Cirebon urutan 3 di Bawah Kotanya Gibran

Kota Paling Nyaman di Indonesia, Cirebon urutan 3 di Bawah Kotanya Gibran

Kota paling nyaman di Indonesia, Cirebon menempati urutan ketiga setelah Solo dan Jogjakarta. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Deretan kota paling nyaman di Indonesia hasil dari laporan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) pada tahun 2022.

Urutan 3 teratas adalah Kota Solo, Jogjakarta dan Cirebon. Ketiga kota tersebut mendapatkan skor Most Livable City Index (MLCI) di atas 70 dari 100.

Skor yang menentukan kota paling nyaman di Indonesia itu, didapatkan dari hasil survei. IAP menggunakan beberapa indikator dalam menentukan skoring tersebut. 

Diantaranya adalah fasilitas kesehatan, ketahanan pangan, transportasi, keamanan, pengelolaan sampah, sampai pelayanan pemerintah di masing-masing kota.

BACA JUGA:11 Makanan Super yang Ampuh Mengobati Flu, Bagus untuk Anak-anak

Indikator lainnya adalah fasilitas peribadatan, ketahanan pangan, energi sampai dengan jaringan komunikasi. 

Di banding kota lainnya, Kota Solo yang dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka unggul dari segi fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, ketahanan pangan, energi, hingga jaringan komunikasi.

Dalam laporan IAP, Kota Solo disebut fokus pada peningkatan ketersediaan RTH (Ruang Terbuka Hijau).

Kemudian taman-taman kota dan jalur pejalan kaki, yang dibarengi dengan program revitalisasi kawasan kumuh sebagai respons dalam menciptakan ruang kota yang lebih sehat.

BACA JUGA:5 Jenis Herbal yang Efektif untuk Mengatasi Keracunan Makanan, Penting untuk Diketahui

Atas pemenuhan indikator tersebut, Kota Solo mendapatkan skor 77,1 dari skala 100 poin. Disusul Jogjakarta dengan 75,3 poin.

Jogjakarta memiliki keunggulan dari segi indeks energi, fasilitas peribadatan, jaringan telekomunikasi, penyediaan air bersih, serta kebersihan kota.

Sedangkan Cirebon masuk peringkat ketiga dengan skor 74,4 poin dari 28 indikator yang dinilai.

Di bawah Cirebon peringkat keempat diikuti Magelang 73,5 poin, dan Semarang 73,3 poin. Berikutnya Kota Kediri, Mataram, Pangkal Pinang, Samarinda, dan Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: