Bandara Husein Sastranegara ‘Di-downgrade’ Pasca Penerbangan Pindah ke Bandara Kertajati

Bandara Husein Sastranegara ‘Di-downgrade’ Pasca Penerbangan Pindah ke Bandara Kertajati

Penerbangan di Bandara Husein Sastranegara akan pindah ke Bandara Kertajati pada 29 Oktober 2023.-Raja Drone/Ist-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM – Sejumlah fasilitas di Bandara Internasional Husein Sastranegara BANDUNG (BDO) bakal di-downgrade saat penerbangan pindah ke Bandara Kertajati.

Critical aircraft yang ditangani Bandara Husein Sastranegara berkonsekuensi pada penurunan pada kategori keamanan hingga kemampuan pemadaman kebakaran.

Selanjutnya, Bandara Husein Sastranegara yang berada di jantung Kota Bandung hanya akan melayani rute penerbangan intra Pulau Jawa dan Lampung.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura II, Wendo Asrul Rose menjelaskan, penerbangan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara akan berakhir pada 28 Oktober 2023.

BACA JUGA:Promosikan pencetakan ramah lingkungan Epson gandeng Desainer Indonesia di Jakarta Fashion Week 2024

Sebab pemindahan penerbangan ke Bandara Kertajati Majalengka dilakukan mengacu paca seasonal atau Winter 2023 – 2024.

Musim winter pada dunia penerbangan ini dimulai pada 29 Oktober 2023 sampai dengan 31 Maret 2024 mendatang.

“Yang berpindah adalah penerbangan jet engine yang sebelumnya dilayani di Bandara Husein Sastranegara berpindah ke Bandara Kertajati,” kata Wendo.

Dijelaskan dia, pemindahan penerbangan ini dilakukan seasonal. Sehingga tidak mendadak, karena pengumuman juga sudah disampaikan jauh-jauh hari.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Fashion Muslim Kekinian, Tetap Cantik dan Modis Sesuai Syariat

“Di Winter 2023 sudah dilakukan proses pemindahan. Untuk Bandung jet engine berakhir tanggal 28 Oktober,” tandasnya. 

Selanjutnya, Bandara Husein Sastranegara akan melayani angkutan niaga berjadwal hanya pesawat baling-baling dengan rute yakni intra Pulau Jawa dan Lampung.

Namun rute eksisting yang tersedia saat ini baru Bandung – Yogyakarta transit Surabaya yang dioperasikan 1 kali PP setiap harinya. “Sama seperti Bandara Adi Sucipto Yogyakarta,” kata Wendo dilansir dari Webinar Forum Merdeka Barat 9, belum lama ini.

Berdasarkan data Angkasa Pura II, untuk kondisi eksisting, Bandara Husein Sastranegara beroperasi selama 13 jam per hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: