Umat Islam Wajib Tahu, Inilah Anjuran Ulama Saat Terjadi Gerhana Bulan Sebagian

Umat Islam Wajib Tahu, Inilah Anjuran Ulama Saat Terjadi Gerhana Bulan Sebagian

Ulama menganjurkan ketika terjadi fenomena alam Gerhana Bulan Sebagian (GBS) disunnahkan untuk mengerjakan solat sunnah khusuf. -Rachel Myers-Pixabay

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Gerhana Bulan Sebagian (GBS) diprediksi akan terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Pada tanggal tersebut bertepatan dengan 14 Rabiulakhir 1445 H dalam kalender qomariyah.

Menghadapi fenomena alam tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf.

"InsyaAllah pada Minggu, 29 Oktober 2023 di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan," kata Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat 27 Oktober 2023.

BACA JUGA:GBS Akan Terjadi pada Minggu 29 Oktober 2023, Berikut Rincian Wilayah yang Bisa Melihat Fenomena Ini

"Karenanya, kami mengajak umat Islam yang mengalami gerhana bulan sebagian untuk melakukan solat sunnah khusuf sesuai tuntunan syariah," imbuhnya.

Kamaruddin juga menjelaskan, selama terjadi peristiwa GBS, umat muslim disunahkan untuk melakukan beberapa amalan.

"Dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya," kata Kamaruddin.

Perlu diketahui, fenomena alam GBS dikarenakan terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

BACA JUGA:Ikut Turnamen Sepakbola Piala Danjen Kopassus, SSB Mandiri Cirebon Buka Seleksi Pemain U-12

Dilansir dari laman BMKG, GBS terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra Bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di bagian yang terkena umbra Bumi tersebut.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan, sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Adapun rincian daerah yang dapat melihat GBS nanti, yaitu sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase