Presiden Jokowi Ingatkan Agar Kepala Daerah, ASN, TNI-POLRI Netral dalam Pemilu 2024

Presiden Jokowi Ingatkan Agar Kepala Daerah, ASN, TNI-POLRI Netral dalam Pemilu 2024

Presiden RI, Joko Widodo-Setkab.go.id-

PENAJEM PASIR UTARA, RADARCIREBON.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) pemerintahan baik di tingkat kabupaten/kota hingga tingkat pusat untuk menjaga netralitasnya pada Pemilu 2024

Hal yang sama juga berlaku bagi aparat TNI-Polri.

Pernyataan ini ditegaskan oleh Presiden Jokowi kepada awak media di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, 1 November 2023.

"Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten pemerintah kota, pemerintah pusat semua harus netral."

BACA JUGA:Jika Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Arab Saudi Akan Izinkan Penjualan dan Konsumsi Alkohol, Tapi..

"ASN semua harus netral. TNI semua harus netral. Polri semua harus netral,” ujar Presiden.

Terkait adanya informasi pemindahan atribut-atribut partai saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bali, Presiden Jokowi mengimbau agar pemerintah daerah berkomunikasi dengan para pengurus partai di daerah.

“(Pemda) berkomunikasi dengan pengurus partai di daerah. Jangan sampai nanti terjadi miskomunikasi dan menjadikan semuanya tidak baik,” ujarnya

Sebelumnya, Jokowi juga sudah memberi imbauan kepada kepala daerah agar netral dalam pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA:Inflasi Jabar Oktober Sebesar 2,58 Persen, Kota Cirebon Paling Tinggi

Dalam pertemuan dengan para penjabat kepala daerah se-Indonesia, Senin 30 Oktober 2023 lalu l, Presiden Jokowi memberikan sejumlah arahan kepada para kepala daerah guna menghadapi dampak dari situasi dan berbagai tantangan global. Jakarta.

Salah satunya adalah, presiden menekankan peran kepala daerah dalam mendukung kesuksesan agenda nasional Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024. 

Kepala Negara meminta agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga.

BACA JUGA:Fix, Timnas Indonesia Panggil 21 Pemain untuk Dibawa ke PIala Dunia U-17 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase