IPB Cirebon Teken Mou dengan Perpusnas RI untuk Tingkatkan Literasi dan Pengembangan Perpustakaan

IPB Cirebon Teken Mou dengan Perpusnas RI untuk Tingkatkan Literasi dan Pengembangan Perpustakaan

IPB Cirebon Teken Mou dengan Perpusnas RI untuk Tingkatkan Literasi dan Pengembangan Perpustakaan-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan kompetensi di bidang literasi di kalangan mahasiswa. Salah satunya dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Penandatanganan MoU dan PKS ini dilaksanakan bersamaan dengan digelarnya Konferensi Internasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (KPPTI) ke-2, Kamis (2/11/2023).  Kegiatan yang berlangsung di Kota Semarang itu, bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pelayanan dan pengembangan perpustakaan serta kepustakawanan di perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IPB Cirebon, Dr Ade Sastrawijaya MPd mengatakan bahwa perpustakaan merupakan salah satu elemen penting pada sebuah lembaga pendidikan. Maka dari itu, peningkatan kualitas perpustakaan menjadi upaya penting guna meningkatkan literasi di lapangan mahasiswa dan juga Civitas akademika IPB Cirebon.

Ade menyebut bahwa MoU dan PKS dengan Perpustakaan Nasional itu antara lain meliputi kerjasama dalam pengembangan bahan pustaka dan jasa informasi.

BACA JUGA:Jadwal Sidang Panji Gumilang di Indramayu, Masyarakat Diminta Lakukan Hal Ini

BACA JUGA:Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Tersedia 1,3 Juta Formasi, Fresh Graduate Ditambah, Honorer Dikurangi

"Di dalam MoU itu diantaranya terkait dengan keanggotaan. Jadi mahasiswa di sini otomatis menjadi anggota melalui program Kartu Sakti. Kelebihannya, kita dapat mengakses ribuan artikel, jurnal, buku dan , sehingga mereka bisa menambah referensi terkait dengan tugas dan pengetahuan yang belum dapat kami fasilitasi karena keterbatasan buku dan sebagainya, " Ungkapnya.

Selain itu, melalui MoU dan PKS tersebut juga memuat pengembangan sumber daya perpustakaan, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi di bidang perpustakaan, serta pengembangan perpustakaan dalam program replikasi transformasi perpustakaan berbasis digital.

"Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan akan meningkatkan pengelolaan perpustakaan digital di IPB Cirebon, " Jelasnya.

Selain itu, dalam hal kurikulum Merdeka Belajar Belajar Merdeka (MBKM), dengan MoU dan PKS tersebut, Perpustakaan Nasional juga berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa IPB Cirebon untuk magang di lembaga tersebut.

BACA JUGA:Jangan Asal Pencet Tombol Blender, Cara Membuat Jus Sayur dan Buah yang Benar

BACA JUGA:6 Perubahan Seleksi P3K Guru 2023, 2.431 Pelamar dari Kabupaten Cirebon Wajib Tahu

"Tentunya ini menjadi kesempatan yang baik bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya, " Pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: