Pansus III DPRD Dalami Penguatan Kebudayaan ke Provinsi Jawa Timur

Pansus III DPRD Dalami Penguatan Kebudayaan ke Provinsi Jawa Timur

BELAJAR: Pansus III DPRD Kabupaten Cirebon belajar ke DPRD Kota Surabaya dan DPRD Kabupaten Gresik terkait penguatan dan pemajuan kebudayaan.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Kebudayaan di Kabupaten Cirebon harus terjaga. Keberadaan nya pun harus tetap lestari, di tengah akulturasi budaya.

Karenanya, DPRD Kabupaten Cirebon melalui Pansus III melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Tepatnya di DPRD Kota Surabaya dan DPRD Kabupaten Gresik.

Ketua Pansus III DPRD Kabupaten Cirebon Emha Syahirul Alam mengatakan, Pansus III ini berkaitan tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Kabupaten Cirebon. Maka, studi komparasi tentang itu perlu dilakukan.

Bagiamanapun juga, akselerasi pembangunan di Jawa Timur ini begitu cepat tanpa menghilangkan budaya yang ada.

BACA JUGA:Terbanyak di Asia Tenggara! PLN Resmikan 21 Unit Green Hydrogen Plant, Mampu Produksi Hingga 199 Ton Hidrogen

BACA JUGA:Pemekaran Cirebon Timur Lama di Dewan, FCTM: Bupati Sudah Oke

“Artinya, kita dari Kabupaten Cirebon harus bisa melakukan itu. Melestarikan budaya lokal daerah yang beragam,” kata Alam, kepada Radar Cirebon, kemarin.

Menurutnya, budaya lokal di Kabupaten Cirebon harus bisa menjadi filter dan benteng moral bagi generasi muda dari serangan budaya dan karakter luar yang tidak sesuai dengan karakter Wong Cirebon.

“Di era digitalisasi ini budaya luar dengan mudah dilihat di media sosial. karena itu, kami dari DPRD meminta agar orang tua untuk tetap menguatkan budaya lokal untuk membentengi generasi muda,” katanya.

Dari hasil kunjungan kerja pansus ini, kata Alam, dibahas di DPRD untuk tindaklanjuti dalam penyusunan raperda.

BACA JUGA:Tempat Wisata Gratis di Kota Cirebon Cocok untuk Keluarga, Aman untuk Anak-anak

BACA JUGA:Penyaluran BBM Non Subsidi, Koperasi Gerage Sukses Mandiri dan PT Dafal Plaser Logistik Jalin Kerjasama.  

“Formulasi itulah yang kemudian menjadi salah satu pilar pembangunan karakter pemajuan dan pelestarian kebudayaan yang mencerminkan jati diri daerah,” tandasnya.

Maka, cara membangun penguatan dan pemajuan budaya agar tetap eksis dan relevan saat ini adalah, perlu komitmen bersama antar stakeholder. Utamanya dukungan penuh pemerintah terhadap budaya lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: