Menikmati Lumpur Ajaib Pantai Kejawanan, Dipercaya Ampuh Obati Berbagai Macam Penyakit

Menikmati Lumpur Ajaib Pantai Kejawanan, Dipercaya Ampuh Obati Berbagai Macam Penyakit

Menikmati Lumpur Ajaib Pantai Kejawanan, Dipercaya Ampuh Obati Berbagai Macam Penyakit-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pantai Kejawanan Cirebon, kini menjadi salah satu andalan destinasi wisata Kota Cirebon. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan, terutama saat musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) seperti saat ini.

Pesona Pantai Kejawanan yang telah banyak bersolek inipun menjadi incaran para wisatawan saat ke Kota Cirebon. Tak sekedar untuk menikmati suasana pesisir Laut Jawa, mereka juga datang untuk mencoba khasiat air laut Pantai Kejawanan, yang konon dipercaya menjadi media pengobatan.

Ya, sejak dulu, air laut di Pantai Kejawanan diyakini dapat mengobati berbagai penyakit seperti rematik, penyakit kulit, diabetes hingga stroke. Masyarakat biasanya melakukan terapi dengan cara berendam atau berkumur.

"Memang sih yang di Atas yang nyembuhin, tapi banyak yang percaya kalau berendam disini bisa menyembuhkan. Dan memang sudah ada yang membuktikan," Ungkap salah seorang warga Kejawanan.

BACA JUGA:24 Mahasiswa IPB Cirebon Lolos Program Kampus Mengajar Kemendikbud RI

BACA JUGA:3 Sate Taichan Enak di Cirebon, Ada yang Dimarinasi Selama 25 Jam

Selain itu, wisatawan juga yang memanfaatkan lumpur ajaib yang berada di pinggiran pantai untuk menghaluskan kulit wajah dan mencegah penuaan dengan cara membalurkan lumpur ke wajah atau badan.

Salah seorang wisatawan, Anam (30) mengaku datang ke Pantai Kejawanan karena penasaran dengan khasiat air laut dan juga lumpurnya yang dipercaya mempunyai banyak sekali manfaatnya. Namun sayangnya, saat ia datang pada selasa (2/1/2024), kondisi laut sedang surut.

"Memang mitosnya seperti itu. Tapi sayangnya lautnya lagi surut jadi harus ke tengah kalau mau berendam, " Ungkapnya.

Kendati begitu, ia mengaku tak menyesal. Sebab, dirinya bisa menikmati aktivitas lain bersama dengan keluarganya. Diantaranya menikmati suasana pantai dengan anginnya yang sepoy sepoy, berfoto foto di dermaga hingga mencari hewan laut yang banyak bersembunyi di sela sela lumpur.

BACA JUGA:DPRD Rekomendasikan Pedagang Pasar Jungjang Tempuh Jalur Hukum

BACA JUGA:Hari Ini Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka ke Cirebon, Nih Jadwal Lengkapnya!

"Suasananya enak. Cocok untuk liburan bersama keluarga, " Ucapnya.

Terkait adanya mitos di masyarakat mengenai lumpur Pantai Kejawanan yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran telah melakukan penelitian. Tim riset tersebut bernama “Seraphy” berhasil melakukan pengumpulan data oseanologi dan kesehatan terhadap pasir di pantai Kejawanan pada 29 Juli – 3 Agustus 2023 lalu.

Berdasarkan pengujian laboratorium dari sedimen pasir, telah ditemukan unsur besi (Fe). Kandungan besi membuat pasir dapat menyerap radiasi matahari. Hal ini membuat pasir menjadi hangat. Panas pada pasir akan diserap oleh kulit dan membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan tekanan darah menurun.

Temuan ini juga selaras dengan data responden pengunjung yang telah melakukan terapi. Bahwa tekanan darah responden menurun setelah dilakukannya terapi.

Saat pantai surut, gundukan pasir dan lumpur menjadi timbul ke permukaan membentuk daratan kecil. Di lokasi tersebut pengunjung melakukan terapi atau pun sekadar bermain pasir dan lumpur.

BACA JUGA:Untuk Kelima Kalinya, Ibra Azhari Ditangkap Polisi Gegara Urusan Narkoba

Dari beberapa kondisi tersebut, dapat diketahui bahwa terapi pasir di Kejawanan dapat dilakukan saat waktu surut dengan aman.

Disisi lain, saat musim libur Nataru, pengunjung yang datang ke Pantai yang berada di area Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Kejawanan membludak. Terutama pada momen Natal fan Tahun baru yang bertepatan dengan akhir pekan

Pantai Kejawanan berlokasi di Kecamatam Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 5 km dari pusat kota, atau menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk sampai.

Untuk menikmati keindahan pantai ini, setiap wisatawan yang datang hanya dikenakan tarif Rp 5000. dan untuk biaya penyewaan perahu hanya Rp10 ribu per orang. Selain itu adapula retribusi untuk masuk area kawasan PPN Kejawanan Rp 2000 dan Parkir Rp 2000
 (awr)

BACA JUGA:Jumlah Formasi CASN 2024, MenPAN-RB: CPNS dan PPPK sebanyak 1,8 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: