Bumil Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Bumil Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Pisang aman dikonsumsi pada sahur agar asam lambung tidak naik. -Foto: istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pisang memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari meredakan sembelit hingga meredakan mual dan muntah di awal kehamilan. 

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, nilai gizi dari jenis buah-buahan yang satu ini juga dapat menunjang tumbuh kembang janin. Tentunya ini sangat baik untuk kesehatan

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil adalah mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, mangan dan folat.

Berbagai makanan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil bahkan menunjang tumbuh kembang bayi dalam kandungan. 

BACA JUGA:Narkoba Masih Beredar, Bupati Imron: Siap Fasilitasi Ruang Kreativitas Untuk Cegah Pergaulan Tak Baik

Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil 

Selain vitamin prenatal, pisang bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil. Berikut beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil :

1. Mencegah Sembelit

Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah mencegah sembelit. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil, karena proses pencernaan melambat akibat perubahan hormonal dan meningkatnya tekanan rahim pada usus.

Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan mengonsumsi serat sebanyak 25 gram setiap hari. Pisang bisa dipilih sebagai sumber serat harian karena 1 buah pisang ukuran sedang atau setara dengan 120 gram mengandung sekitar 2,5-3 gram serat.

BACA JUGA:Bisa Menyehatkan Mata, Ini Dia Sejuta Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan

2. Meredakan Mual di Pagi Hari 

Kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah di awal kehamilan, yaitu nafsu makan menurun dan ibu hamil cenderung makan. 

Kondisi ini sering disebut dengan mual di pagi hari.Pisang diduga dapat meredakan mual dan muntah karena kandungan vitamin B6 di dalamnya. Selain itu pisang juga mudah dicerna dan cukup mengenyangkan sehingga baik untuk pencernaan ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: