Cocok untuk Hilangkan Stres, Benarkah Masjid Al Karomah Peninggalan Cucu Sunan Gunung Jati?

Cocok untuk Hilangkan Stres, Benarkah Masjid Al Karomah Peninggalan Cucu Sunan Gunung Jati?

Masjid Al Karomah di Depok Kabupaten Cirebon diyakini peninggalan cucu Sunan Gunung Jati. Foto:-Khoerul Anwarudin-Radar Cirebon

Cocok untuk Hilangkan Stres, Benarkah Masjid Al Karomah Peninggalan Cucu Sunan Gunung Jati

RADARCIREBON.COM – Masjid Al Karomah terletak di tempat yang jauh dari kebisingan kota, sunyi, sejuk dan asri. 

Kesunyian tempat ini diyakini ampuh untuk menghilangkan penat dan stres. Suasana hati yang sedang rungkad bisa tenang kembali.

Masjid Al Karomah, diyakini sebagai salah satu masjid tertua yang ada di Cirebon. Letaknya di Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:4 Jenis Salep untuk Mengatasi Eksim

BACA JUGA:9 Penyakit Kulit yang Seringkali Terjadi Pada Anak-Anak

Konon masjid dengan desain kuno ini merupakan peninggalan cucu Sunan Gunung Jati atau Syekh Syarief Hidayatullah.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, masjid ini didirikan oleh dua tokoh penting yang merupakan ulama pada masanya.

Yaitu, Syekh Maujud dan Syekh Pasiraga. Hubungan keduanya adalah guru dan murid di mana Syekh Pasiraga diyakini merupakan guru dari Syekh Maujud.

Nah, sosok Syekh Pasiraga inilah yang diyakini masih memiliki darah Sunan Gunung Jati. 

BACA JUGA:Legenda Manchester United ini Mengejek Kepergian Klopp dari Liverpool: Bakal Puasa Gelar Lagi Selama 30 Tahun?

Konon, ulama yang dihormati warga Depok ini merupakan cucu Syekh Syarief Hidayatullah ulama sekaligus penguasa di Kesultanan Cirebon.

Sayangnya, belum ada studi yang meneliti kehidupan kedua tokoh tersebut. Termasuk dengan masa-masa ketika keduanya mendirikan Masjid Al Karomah di Depok Cirebon.

Meski demikian, warga setempat meyakini, bahwa Syekh Pasiraga dan Syekh Maujud pernah menggunakan masjid kuno tersebut untuk berdakwah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: