Dishub Lakukan Uji Coba, Hadirkan Kereta Kencana Listrik di Taman Parkir

Dishub Lakukan Uji Coba, Hadirkan Kereta Kencana Listrik di Taman Parkir

UJI COBA: Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon melakukan uji coba kendaraan kereta kencana di area Taman Parkir Sumber, kemarin.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Berbagai inovasi dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya menghadirkan kereta kencana listrik sebagai fasilitas baru di Taman Parkir Sumber.

Hadirnya kereta kencana pun sebagai upaya meramaikan taman parkir yang terintegrasi dengan Hutan Kota Sumber.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah ST didampingi Kabid Sarana Prasarana, Yayan Sunarya mengatakan, sejauh ini keberadaan dan pemanfaatan Taman Parkir Sumber belum maksimal.

Sebab, belum mempunyai data tarik tersendiri. Karena itu, lanjut Hilman, Dishub berupaya mengambil terobosan baru dengan menghadirkan kereta kencana listrik sebagai penopang menghidupkan taman parkir yang terintegrasi dengan shelter Pedagang Kaki Lima (PKL) yang disediakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan Hutan Kota Sumber.

BACA JUGA:Tidak Sadar Sedang Hamil, Anggota KPPS di Kuningan Keguguran

Uji cobanya pun sudah dilakukan. Mendapat respons positif dan antusias warga sekitar. Pun dari pedagang shelter PKL di samping taman parkir. Sedikitnya ada empat kereta kencana yang akan beroperasi di taman parkir.

Para pengunjung pun dapat memanfaatkan kendaraan tersebut. “Inovasi ini agar pusat kegiatan publik di sekitar pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon semakin ramai dan menghidupkan perekonomian warga,” kata Hilman, di sela-sela uji coba, kemarin.

Menurutnya, inovasi menghadirkan kereta kencana listrik ini menjadi awal untuk mensinergikan antara taman parkir dan shelter PKL sumber agar lebih hidup. Selain itu, diharapkan bisa menjadi magnet bagi masyarakat agar datang dan meramaikan taman parkir.

“Kami juga berkomitmen untuk memfungsikan taman parkir sesuai dengan grand desain perencanaan, yang mampu mendorong jumlah kunjungan masyarakat. Kemudian, hadirnya kereta kencana di taman parkir juga sebagai alternatif wisata tipis-tipis bagi masyarakat Cirebon,” tuturnya.

BACA JUGA:5 Tips Panjang Umur dan Sehat Ala Orang Jepang

Hilman menjelaskan, kereta kencana yang akan di-launching pada 24 Februari 2024 mendatang. Selain itu, sambungnya, di lokasi Taman Parkir juga disediakan food court atau jajanan asli Cirebon. Termasuk live music. “Kita akan hidupkan Taman Parkir setiap Sabtu dan Minggu, mulai pukul 15.00 sore hingga 22.00 malam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Hilman, kereta kencana listrik ini menggunakan dinamo berkekuatan 1000 watt, yang mampu mengangkut 4 penumpang. Satu operator, tiga orang penumpang. Sementara untuk rutenya melingkar, mulai dari Jalan Sultan Agung dan Jalan Dewi Sartika Sumber.

“Untuk lebih jelasnya, silakan datang saat launching. Termasuk berapa rupiah yang akan dikeluarkan untuk menikmati kereta kencana listrik,” tukasnya.

Perlu diketahui, anggaran pengadaan kereta kencana ini bersumber dari Koprasi Wahana Grage Sejahtera milik Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon. Bukan APBD Kabupaten Cirebon. (sam)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: